nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lupa Lepas Lensa Kontak saat Berenang, Gadis Ini Alami Kejadian Mengerikan!

Brilyana Dwi Indriani, Jurnalis · Selasa 24 September 2019 13:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 24 481 2108612 lupa-lepas-lensa-kontak-saat-berenang-gadis-ini-alami-kejadian-mengerikan-Et2qmaQk28.jpg Ilustrasi (Foto : Usnews)

Lensa kontak biasanya digunakan sebagai pengganti kaca mata untuk orang yang penglihatannya minus dan sebaliknya. Tapi, memakai lensa kontak tidak bisa sembarangan atau akan berakibat fatal.

Seperti dialami oleh seorang gadis berusia 20 tahun, Miyako Aiko. Dia lupa melepas lensa kontak ketika berenang di laut. 

Lupa melepas lensa kontak menjadi musibah yang tidak terbayangkan oleh Miyako. Liburan Myako di Malta yang awalnya menyenangkan berubah menjadi musibah.

pakai softlens

Dilansir dari Metro.uk, awalnya Miyako berenang seperti biasa. Tapi, suasana berubah ketika gelombang ombak menghantam wajah dan masuk ke mata kanannya.

Saat itu, Miyako seperti mengalami iritasi mata. Karena, setelah wajahnya dihantam ombak, matanya merah. Petaka lupa melepas lensa kontak akhirnya dirasakan Miyako satu minggu kemudian.

Ketika dia menghadiri pernikahan teman, Miyako merasa matanya terus berair. Meski sempat membaik setelah diobati, seiring berjalan waktu kondisi mata Miyako bertambah buruk. Dia merasa seperti ada logam di dalam matanya.

pakai lensa kontak

“Seorang spesialis menyuruh saya pergi ke A&E ketika rasa sakitnya sangat parah. Saya pergi beberapa kali, tetapi mereka tidak melihat apapun pada mata saya. Seiring waktu, bekas luka tumbuh dan tumbuh. Saya bangun dari tidur dan menyadari bahwa saya tidak bisa melihat apa-apa. Bahkan ketika menyalakan lampu saya tidak bisa melihat apa-apa," ungkap Miyako yang dikutip Okezone dari Worldofbuzz, Selasa (24/9/2019).

Pada akhirnya didiagnosis berbulan-bulan dengan Ancanthamoeba Keratitis (AK). Infeksi langka yang merusak bagian depan mata, banyak terjadi pada pemakai lensa kontak. Orang tersebut berisiko ketika mereka mengenakan lensa kontak saat berenang, mandi, menggunakan bak mandi air panas, bersentuhan dengan air yang terkontaminasi dan menyimpan lensa secara tidak benar.

Lupa Lensa Kontak

Bakteri menginfeksi kornea, gunakan penutup mata dan perlu segera diobati, jika tidak dapat menyebabkan kebutaan permanen. Dokter meresepkan pengobatan untuk Miyako, dan dia perlu menggunakan obat tetes mata setiap jam selama sebulan. Sekarang, Miyako sudah berhenti dari pekerjaannya sejak Desember 2018 karena harus rutin perawatan.

Peristiwa ini mengajarkan betapa pentingnya merawat lensa kontak dengan menjaga kebersihannya, baik saat menggunakan maupun menyimpan. Lepaskan lensa kontak sebelum tidur dan sebelum berenang untuk mengurangi risiko iritasi serta infeksi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini