nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Kanker Payudara, Ini Gejala dan Faktor Risiko yang Harus Kamu Sadari

Devia Affiana, Jurnalis · Selasa 24 September 2019 17:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 24 481 2108693 cegah-kanker-payudara-ini-gejala-dan-faktor-risiko-yang-harus-kamu-sadari-pJzsuJ3bki.jpg Kenali gejala dan faktor risiko kanker payudara (Foto : Timesnewnows)

Benjolan di payudara mungkin menjadi gejala umum dari kanker. Tapi, untuk mencegah kanker payudara, Anda juga perlu mengetahui gejala-gejala lain dan faktor risikonya.

Gejala-gejala lain kanker payudara misalnya, puting susu terbalik dan mengeluarkan darah dan kemerahan. Selain itu, payudara bisa juga mengalami pembengkakan.

Untuk faktor risiko kanker payudara, Anda harus menghindari 4 kondisi berikut ini yang dikutip Okezone dari Thehealthsite :

Obesitas

obesitas makan

Jika Anda mengalami obesitas setelah menopause, risiko terkena kanker payudara akan lebih tinggi. Karenanya, menjaga berat badan agar tidak kegemukan sangat penting untuk kesehatan.

Memiliki Anak Pertama di atas 30 tahun

hamil besar

Jika Anda melahirkan anak pertama setelah usia 30 tahun, risiko terkena kanker payudara akan lebih besar. Hamil setelah usia 30 tahun memang termasuk kehamilan risiko tinggi, tidak hanya terhadap kanker.

Minum Alkohol

tolak alkohol

Minum alkohol bisa menjadi salah satu gaya hidup tidak sehat yang meningkatkan risiko berbagai penyakit, termasuk kanker payudara. Minum alkohol dapat meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh yang membuat Anda rentan terhadap kanker payudara.

Tidak pernah hamil

Tes Kehamilan

Perempuan yang belum hamil memiliki risiko kanker payudara lebih besar dibanding mereka yang telah melahirkan. Karenanya, menikah, hamil dan melahirkan bisa menurunkan risiko seorang perempuan terkena kanker payudara.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini