Bawa Ponsel ke Toilet Bisa Sebabkan Ambeien, Ini Penjelasannya

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 25 September 2019 07:32 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 24 481 2108870 bawa-ponsel-ke-toilet-bisa-sebabkan-ambeien-ini-penjelasannya-FGsWIDvlEw.jpg Ilustrasi (Foto: Today)

Sekarang ini semakin banyak orang yang seakan tidak bisa lepas dari ponsel. Entah itu untuk mengurus pekerjaan atau sekadar menghabiskan waktu dengan bermain game atau melihat media sosial.

Ponsel seakan selalu dibawa ke manapun penggunanya pergi, termasuk pada saat ke toilet. Padahal kebiasaan itu berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan.

Membawa ponsel ke toilet dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit. Penyebabnya lantaran di dalam toilet banyak kuman dan bakteri. Kuman dan bakteri itu bisa saja menempel ke ponsel yang dipegang oleh tangan.

 Memegang ponsel

Bila pengguna tidak mencuci tangan dan membersihkan ponselnya sehabis pergi ke toilet, maka tidak menutup kemungkinan kuman dan bakteri itu bisa masuk ke tubuh.

Bahkan seorang dokter telah memeringatkan membawa ponsel ke toilet dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang serius seperti wasir atau ambeien. Peringatan itu muncul setelah diadakan sebuah survei oleh YouGov.

Dalam survei tersebut sebanyak 57 persen orang Inggris mengaku menggunakan ponsel di toilet. Bahkan ada 8 persen yang selalu melakukannya.

Menurut Dr Sarah Jarvis, membawa ponsel ke toilet dapat menjadi salah satu faktor risiko utama terjadinya ambeien, di samping sembelit dan berusaha keras untuk buang air besar.

"Menggunakan ponsel di toilet memang menggoda, sambil menunggu buang air besar selesai bisa bermain aplikasi. Tapi dokter tidak menyarankan melakukan hal itu,” ujar Dr Sarah seperti yang Okezone kutip dari Mirror, Rabu (25/9/2019).

Menurutnya, kebiasaan itu dapat menyebabkan ambeien karena duduk terlalu lama di atas toilet. Bagi yang belum tahu, ambeien adalah penyakit yang menimbulkan benjolan di bokong. Penyakit ini dapat menimbulkan rasa sakit dan lendir di sekitar dubur serta tinja berdarah.

Oleh karena itu, Dr Sarah menyarankan agar setiap orang berusaha meninggalkan ponselnya di ruangan lain saat merasa ingin ke toilet guna mencegah terjadinya wasir.

Dokter Sarah juga menyarankan sejumlah tips untuk menghindari ambeien. Pertama, menambahkan banyak serat ke dalam makanan. Kedua, pastikan untuk meminum cairan yang cukup. Ketiga, berolahraga secara teratur.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini