nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pernah Malu Alami Keputihan, Tyna Kanna Mirdad Beri Pendidikan Seks pada Anak

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 24 September 2019 16:50 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 24 485 2108750 pernah-malu-alami-keputihan-tyna-kanna-mirdad-beri-pendidikan-seks-pada-anak-ErSnsSakCt.jpeg Tyna Kanna Mirdad (Foto: Sukardi/Okezone)

Tidak bisa dipungkiri, pembahasan mengenai kesehatan organ intim, termasuk keputihan masih dianggap tabu. Hal itu seperti topik yang tak boleh dibawa ke ruang publik, bahkan ruang tamu keluarga.

Alhasil, masih banyak generasi muda yang buta akan pendidikan seks. Hal sederhana yang nyata terjadi adalah banyaknya sebutan yang dipakai masyarakat untuk mengungkapkan kata 'Miss V'.

Ada yang hanya berani bilang 'anu' atau bilang 'kelamin perempuan'. Sebatas itu. Padahal, ini adalah hal dasar yang mesti diketahui.

 Perempuan bergaun putih

Menyebutkan nama alat kelamin saja malu, apalagi membahas urusan lain. Hal ini ternyata pernah dialami Influencer Mom Tyna Kanna Mirdad. Dalam penuturannya, dia menjelaskan kalau di masa remaja dulu, dia mengalami keputihan dan tidak berani bilang ke ibunya.

Kondisi tersebut membuat dia putar otak, karena bagaimana pun masalah itu harus diselesaikan. Alhasil, Tyna mengaku meminta kakaknya untuk menemani dia ke dokter untuk memastikan kondisi keputihannya.

"Saking malunya, aku pas keputihan nggak cerita ke ibu aku. Aku langsung ke dokter sama kakak aku dan ya sudah karena aku sadar itu penting, aku mesti melakukannya," papar Tyna Kanna Mirdad saat ditemui Okezone di Lalla Restaurant Jakarta, Selasa (24/9/2019).

Dari pengalaman itu, Tyna akhirnya belajar untuk tidak membiarkan anaknya yang sudah berusia 10 tahun malu membahas masalah organ intim. Dia menciptakan budaya terbuka pada anaknya dengan mengajaknya berdiskusi dan tidak malu bercerita.

 Perempuan berbaju hitam

"Anak aku itu usianya 10 tahun. Yang aku lihat, dia mulai malu-malu karena area payudaranya mulai tumbuh dan aku langsung deketin dia dan jelaskan kalau itu sangat normal. Bagian itulah yang spesial di perempuan, harus bangga," ceritanya.

Tyna melanjutkan, baginya sangat penting untuk anak mau terbuka membahas persoalan sensitif seperti ini. Sebab, ketika anak malah bersikap malu untuk bercerita, dia akan mencari dari sumber lain dan ini malah mengkhawatirkan, karena banyak juga sumber yang tidak benar.

Namun, Tynna menegaskan kalau ibu modern sekarang sepertinya semakin terbuka dengan masalah organ intim dan dengan informasi yang banyak, ini akan memudahkan para orangtua memberi penjelasan pada anaknya.

"Makanya, bagi aku internet itu ada manfaatnya banget. Asal dipakai dengan bijak, ya, bermanfaat sekali," tambahnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini