nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

13 Langkah Bikin Mata Terlihat Berkilau dan Sehat

Devia Affiana, Jurnalis · Rabu 25 September 2019 16:46 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 25 481 2109230 13-langkah-bikin-mata-terlihat-berkilau-dan-sehat-jc8sWWqwt2.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Mata yang cerah dan berkilau dapat mengambarkan tentang jati diri seseorang. Ketika iris Anda (bagian berwarna hitam pada bola mata) sangat kontras dengan bagian putih mata (sklera), mata Anda cenderung lebih berkilau dan sering kali menyampaikan perasaan gembira dan terlihat sehat.

Untuk mendapatkan mata yang berkilau, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan. Jika mata Anda merah, kering, gatal, atau teriritasi, mata Anda cenderung tidak memiliki kilau alami. Itu sebabnya merawat mata sangat penting jika Anda ingin membuatnya tampak cerah dan sehat.

Bukan hanya bola mata Anda saja yang penting. Tapi kulit di area sekitar mata sangat tidak kalah pentingnya. Jika Anda memiliki lingkaran hitam di bawah mata, maka mata Anda akan terlihat bengkak, dan akan membuat mata terlihat seperti mata lelah dan tidak sehat.

Dilansir dari Healthline, Rabu (25/9/2019), berikut adalah 13 langkah yang harus Anda lakukan untuk membuat mata tetap sehat dan berkilau:

1. Hindari udara yang kering

Udara yang terdapat pada dataran tinggi, di iklim gurun dan di dalam pesawat terbang sangatlah kering. Angin dan asap juga dapat membuat mata Anda menjadi kering dan berair.

Saat mata Anda tidak memiliki kelembapan, itu dapat menyebabkan iritasi, merah dan juga gatal. Hindari udara yang kering sebisa mungkin dan selalu membawa obat tetes mata saat berada di lingkungan udara yang kering.

 Kantong teh hijau

2. Gunakan kantung teh hijau pada kelopak mata

Jika mata kalian mengalami pembengkakan atau iritasi, menggunakan teh hijau pada bagian kelopak mata sangatlah membantu untuk menghilangkan mata bengkak dan rasa tidak nyaman. Menurut sebuah penelitian di tahun 2011, terdapat kandungan polifenol yang sangat bermanfaat di dalam sebuah teh hijau, epigallocatechin gallate (EGCG), memiliki efek antiinflamasi dan antioksidah untuk sel kornea.

Langkah-langkah dalam mengunakan teh hijau untuk mendapat mata yang berkilau dan sehat ialah rendam kantung teh di dalam air. Lalu simpan kantung teh hijau yang sudah direndam ke dalam kulkas sekitar 15 menit. Jika kantung teh sudah mulai dingin, berbaringlah, tutup kedua belah mata dan letakkan kantung teh hijau yang sudah dingin tersebut di bagian kelopak mata sekitar 10 menit.

3. Memakan makanan yang mengandung omega tinggi

Menurut penelitian, omega 3 dan omega 6 adalah suplemen yang sangat efektif untuk mengatasi gangguan mata yang kering. Untuk membuat mata Anda tetap sehat, cobalah memakan makanan yang kaya akan sumber asam lemak omega yang terdapat pada ikan salmon, ikan kembung, ikan sarden, biji rami, hingga kacang kenari. Jika tidak mendapatkan cukup asam lemak omega dari makanan yang Anda makan, pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen harian.

4. Air mawar

Air mawar memiliki anti inflamasi dan efek anti-infeksi, dan dapat menjadi obat yang efektif untuk berbagai kondisi mata. Untuk menggunakan air mawar, oleskan beberapa tetes ke mata Anda dengan pipet. Anda juga bisa mengoleskan kelopak mata dengan bola kapas yang dibasahi air mawar untuk mengurangi pembengkakan.

5. Mentimun

Konten dari jus mentimun memiliki anti oksidan dan sifat anti-inflamasi, serta vitamin C yang dapat menenangkan kulit dan mata yang lelah. Cara menggunakannya ialah potong 2 slices mentimun dan taruh masing-masing slice pada bagian kelopak mata.

6. Pemijatan pada mata

Lakukan pijatan ringan pada area bawah mata. Berikut langkah-langkahnya:

1. Gunakan ujung jari telunjuk dan jari tengah untuk membentuk lingkaran dengan lembut di sekitar mata Anda. Ini dapat membantu meningkatkan aliran darah ke daerah mata.

2. Mulailah di sepanjang alis, kemudian gerakkan ujung jari ke luar ke tepi mata, dan turun di sepanjang bagian atas tulang pipi, bergerak ke dalam menuju jembatan hidung Anda.

3. Lingkari mata tiga kali dengan ujung jari.

4. Kemudian, gunakan jari tengah Anda, tekan ke atas di kedua sisi hidung, tepat di bawah tulang alis.

5. Selanjutnya, gunakan jari tengah, tekan ke dalam menuju hidung Anda, di sebelah saluran air mata.

6. Berhati-hatilah untuk tidak menarik kulit terlalu kencang pada saat menggerakkan ujung jari di sekitar area mata Anda.

Ulangi memijat bagian kulit pada area mata Anda 30 detik atau lebih untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Kualitas tidur yang baik

Tidurlah lebih awal untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Kualitas tidur dapat dikatakan baik minimum 7 sampai 9 jam.

Cobalah untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.

 Perempuan minum

8. Lindungi mata dari sinar matahari

Melindungi mata Anda dari sinar matahari dapat mencegah terjadinya mata kering. Juga dapat mengurangi terbakarnya area kulit di sekitar mata yang dapat menyebkan terlihatnya lingkaran hitam di area bawah mata. Untuk melindungi mata Anda, gunakan kacamata yang memiliki protect ultraviolet (UV).

9. Perbanyak meminum air putih

Air merupakan bagian terpenting dalam tubuh manusia, dan air juga sangat diperlukan untuk kesehatan mata dan juga kulit. Minumlah air kurang lebih 8 gelas setiap harinya untuk memastikan tubuh Anda memiliki kelembapan yang cukup untuk menjaga mata. Anda mungkin perlu minum lebih banyak air jika cuaca lebih hangat dari biasanya dan jika Anda aktif.

10. Biarkan mata istirahat

Jika Anda melakukan pekerjaan yang memerlukan konsentrasi visual, seperti membaca atau melihat layar komputer, istirahatlah setidaknya sekali setiap 20 menit. Fokus secara visual pada satu area terlalu lama dapat menyebabkan mata Anda menjadi kering, lelah, atau teriritasi. Untuk membuat mata Anda istirahat, coba tutup mata selama beberapa menit. Atau berkedip cepat selama beberapa detik untuk membantu menyebarkan air mata alami secara merata ke permukaan mata Anda.

 Tetes mata

11. Gunakan obat tetes mata

Seiring bertambahnya usia mata Anda menjadi lebih rentan terhadap mata kering. Mata kering juga dapat dipicu oleh penggunaan lensa kontak, beberapa obat seperti dekongestan dan antihistamin dapat dicoba untuk Anda yang mengalami gangguan mata akibat pengunakan lensa kontak.

12. Kurangi makanan yang asin

Memakan terlalu banyak makanan yang mengandung garam ternyata dapat berpengaruh pada kesehatan mata Anda dikarenakan mengonsumsi terlalu banyak garam dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Untuk mencegah retensi air dan menjaga tekanan darah Anda terkendali, cobalah membatasi asupan natrium hingga 2.300 miligram (2,3 gram) atau setara dengan 1 sendok teh garam per hari.

13. Mengkompres mata

Jika mata Anda terasa bengkak, cobalah untuk mengkompres mata dengan menggunakan handuk yang sudah direndam dengan air dingin terlebih dahulu dan diamkan selama 10 menit.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini