Share

Antisipasi Terjebak Demo, Siapkan Barang-Barang Ini

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 25 September 2019 20:31 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 25 612 2109335 antisipasi-terjebak-demo-siapkan-barang-barang-ini-MeLLx1gdiI.jpg Demo tolak RKUHP di depan Gedung DPR RI (Foto: Heru Haryono/Okezone)

Aksi unjuk rasa atau demo dari mahasiswa yang menuntut penolakan pengesahan RKUHP, pada akhirnya ricuh dengan para aparat yang bertugas. Siapkan diri jika kebetulan Anda harus melewati lokasi unjuk rasa.

Di media sosial sendiri, ramai terlihat ekspresi soal bagaimana tembakan gas air mata atau tear gas tersebut memang memberikan efek samping yang tidak bisa dibilang ringan. Mata terasa perih, panas, jarak pandangan berkurang, dan sebagainya.

 Unjuk rasa

Lalu seperti apa sebetulnya agar bisa melindungi diri dengan cerdik, saat terjebak di tengah demo agar efek samping dari tembakan gas air mata bisa diminimalisir?

Nah, sebagaimana hasil pantauan Okezone, Rabu (25/9/2019) di linimasa Twitter, berikut sederet barang-barang yang bisa dipersiapkan agar selamat saat terjebak di situasi unjuk rasa. Tips ini dibagikan oleh netizen Larasati Oetomo dengan akun Twitter, “@ayascestmoi”, seorang awak media yang diketahui berada langsung di lokasi demo dan kericuhan terjadi. Berikut rangkuman paparan singkatnya.

 

1. Kacamata renang

Untuk melindungi mata lebih maksimal, siapkan goggle dan atau kacamata renang. Kacamata biasa, odol, dan masker biasa tidak cukup buat imun dari tembakan gas air mata.

 Handuk

2. Handuk basah

Handuk basah, sarung tangan tahan panas atau sarung tangan basah untuk mematikan gas air mata di tanah. Hal ini disebutkan Laras sangat berguna, terutama untuk yang berada di garda depan.

3. Air

Ini adalah keperluan yang disebutkan Laras sangat esensial. Penting sekali untuk menimbun air mineral, contohnya punya stok galon di dalam bus atau pos. Air mineral ini bisa selalu dibawa ke mana-mana, dalam wadah tumbler besi. Mengapa besi? Agar tidak gampang terbakar seperti tumbler plastik. Selain itu, fungsinya juga untuk mengendapkan bom gas.

 Minum air

4. Laser

Berguna menjadi penanda titik kumpul yang efektif. Selain itu, laser ini juga bisa digunakan sebagai alat proteksi, pertahanan diri untuk jarak dekat atau sedang. Bisa laser kecil (merah) atau sedang (hijau atau biru).

5. Payung

Sangat fleksibel difungsikan untuk menghalau tembakan water cannon, hujan, panas,ataupun peluru karet. Payung-payung ini bisa digabung menjadi satu, sebagai tenda anti gas.

 Orang pakai payung

6. Camilan

Demo sangatlah menguras energi, menjaga stamina salah satunya dengan memastikan keadaan perut tidak kosong. Maka dari itu sangat disarankan untuk membawa makanan kecil, sebagai kudapan agar bisa dikonsumsi sedikit-sedikit agar tubuh tidak lemas.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini