nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Pilih Wedding Organizer agar Tak Ketipu yang Abal-Abal

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Jum'at 27 September 2019 02:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 26 194 2109855 tips-pilih-wedding-organizer-agar-tak-ketipu-yang-abal-abal-SkaSzwRR8B.jpg Ilustrasi (Foto: Standard)

Banyak kisah orang yang hampir gagal menikah karena tertipu wedding organizer abal-abal. Padahal, menikah adalah sesuatu yang sakral dan harapannya dilakukan sekali seumur hidup.

Agar tak tertipu wedding organizer abal-abal, sebaiknya lakukan riset kecil-kecilan. Gandi Priapratama, Ketua Umum Himpunan Perusahaan Penata Acara Pernikahan Indonesia (Hastana Indonesia) mengatakan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memilih wedding organizer yang bagus dan tak tertipu yang abal-abal.

Pertama, carilah informasi, bisa melalui media sosial. Kemudian, cari wedding organizer yang banyak direferensikan oleh orang-orang terdekat.

 Tangan laki-laki dan perempuan

"Tidak mungkin mereka mereferensikan yang tidak baik. Dari teman atau saudara atau vendor lainnya. Bisa juga dari vendor dekorasi misalnya memberikan referensi WO yang bagus," kata Gandi saat ditemui dalam konferensi pers Gebyar Pernikahan Indonesia ke-12 di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Kamis, 26 September 2019.

Kedua, carilah wedding organizer yang bisa memberikan solusi. Misalnya Anda sudah menemukan satu wedding organizer, tanyakan pada mereka solusi tentang permasalahan akad atau resepsi. Sebab, menurut Gandi, WO sudah seharusnya seperti keluarga ketiga yang bisa memberi solusi tentang pernikahan.

"Karena dalam perjalanan merencanakan pernikahan banyak dinamika yang terjadi. Kebanyakan yang baru pertama menikah belum tahu solusinya seperti apa. WO yang mungkin setiap minggu menangani pernikahan, bisa berikan solusi," lanjut Gandi.

Ketiga, gali sebanyak-banyaknya tentang pengetahuan WO tersebut akan pernikahan. WO yang profesional dan bagus akan memberi penjelasan yang mendalam tentang pernikahan yang ingin Anda ketahui.

Cari di pameran pernikahan

Anda juga bisa mencari wedding organizer melalui pameran pernikahan yang sering digelar di Indonesia. Tak hanya punya banyak pilihan, Anda juga bisa mencari tema pernikahan yang ingin Anda usung bersama pasangan.

 Laki-laki dan perempuan

Arief Rachman, Direktur Parakrama Organizer selaku pihak penyelenggara Gebyar Pernikahan Indonesia mengatakan, tema tradisional masih jadi pilihan favorit. Namun, banyak juga yang memadukan tema tradisional dengan modern karena keterbatasan waktu yang ada. Sebab prosesi pernikahan tradisional yang orisinil dapat memakan waktu berhari-hari.

"Banyak yang memilih tradisional. Misalnya calon pengantin yang sekolah di luar negeri dan kembali ke Indonesia, ingin menikah dengan asal-usul budayanya," ucap Arief.

Di pameran edisi ke-12 ini mengangkat tema 'Pengantin Aceh'. Menurut Arief, budaya pernikahan Aceh masih terwarisi sampai sekarang. Bahkan di Jakarta sendiri sering dijumpai pernikahan menggunakan adat Aceh.

"Jogja dan Solo masih jadi adat yang paling banyak digunakan. Tapi Aceh jadi keunikan sendiri bagi masyarakat Jakarta, khususnya masyarakat Aceh di Jakarta," jelasnya.

 Laki-laki dan perempuan

Cut Yunisa Yoesoef, Pemilik Dekorasi Cut Marlyn mengakui di Jakarta banyak yang menyediakan jasa pengantin Aceh. Namun dirinya cukup sedih melihat banyak yang meninggalkan pakem adatnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa tema pernikahan adat Aceh tidak kaku dan bisa dimodifikasi. Terutama dari busananya.

"Untuk pengantin Aceh sebenarnya enggak kaku, bisa pakai kebaya modern. Walaupun pengantin Aceh dominan pake celana, tapi bisa pakai songket," pungkas Cut Yunisa.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini