nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berapa Kali Orang Dewasa Harus Periksa Kesehatan Setiap Tahun?

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Kamis 26 September 2019 22:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 26 481 2109847 berapa-kali-orang-dewasa-harus-periksa-kesehatan-setiap-tahun-MvthOsUSCG.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Penting untuk mengecek kesehatan ke dokter meski tubuh Anda terlihat sehat-sehat saja. Hal ini untuk mencegah penyakit berbahaya yang mungkin tidak menunjukkan gejalanya dengan jelas.

Lalu berapa kali idealnya seseorang memeriksakan kesehatannya setiap tahun? Menurut dr Audi Anta Wijaya, hal ini tergantung pada usia dan kondisi kesehatan seseorang.

 Dokter dan pasien

"Tergantung umurnya, kalau muda dan aktif, (umur) 20-40 setahun sekali cukup. Tapi tergantung kondisi kesehatannya. Tiap orang beda-beda. Kalau dalam dua minggu sudah sakit ya harus ke dokter, enggak boleh ditunda-tunda," ujar dr Audi di acara Sehat dalam Genggaman oleh SehatQ di Jakarta Pusat, Rabu, 25 September 2019.

Rutin mengecek kesehatan juga mulai dilakukan oleh artis Tarra Budiman. Punya pengalaman buruk soal kesehatan, ia kini lebih peduli pada tubuhnya.

"Saya bekerja enggak kenal waktu, dari pagi sampai pagi. Tahun 2012 saya banyak kehilangan yang saya sayangi, 2013 saya banyak mengalami kewalahan, badan drop dan sakit," ungkapnya.

Sejak saat itu, dirinya mulai mengubah gaya hidup lebih sehat dengan istirahat cukup, makan selektif dan olahraga. Telah menikah dan menjadi seorang ayah, Tarra Budiman juga merasa ketakutan saat anaknya sakit.

"Pas punya anak sakit, ketakutan. Saya mau ada terus untuk dia, itu yang menjadi motivasi saya menjalankan hidup sehat," lanjutnya.

CEO aplikasi kesehatan SehatQ, Linda Widjaja mengatakan, banyak orang mencari informasi tentang kesehatan secara online. Kini, orang bisa mencari tahu obat yang mereka butuhkan saat sakit tanpa harus pergi ke dokter spesialis.

"Orang yang suka curhat di online biasanya penyakit ringan. Kalau kasus berat disuruh datang ke dokter offline," pungkas Linda.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini