Minum Pil KB Ampuh Hilangkan Jerawat, Benarkah?

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 26 September 2019 22:15 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 26 611 2109826 minum-pil-kb-ampuh-hilangkan-jerawat-benarkah-7amLWw8B9V.jpg Pil KB obati jerawat (Foto: Acne Treatments)

BUKAN hanya sebagai penghambat terjadinya kehamilan. Pil KB di kalangan masyarakat juga disertai banyak anggapan. Salah satunya ampuh mengobati jerawat, benarkah?

Seperti dijelaskan oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan, sekaligus Kepala BKKBN, dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K). Ia tidak menampik, bahwa kabar pil KB menjadi obat jerawat ini tidak hanya sebagai isapan jempol semata.

 Jerawat

“Iya ada pil KB yang menggunakan suatu zat tertentu, zat yang tidak meretensi air. Sehingga akhirnya dapat mencegah jerawat hingga membuat kulit wajah jadi halus," ujar dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) saat ditemui Okezone, Kamis (26/9/2019) di perhelatan “Peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia 2019” di STFK Ledalero, Maumere, Nusa Tenggara Timur.

Perlu diketahui, munculnya jerawat sebenarnya dipicu oleh produksi sebum berlebih. Sebum adalah minyak yang dilepaskan oleh kelenjar kulit dalam. Ketika sebum dan sel kulit mati bertumpuk, maka hal itu bisa menyumbat pori dan menstimulasi perkembangan bakteri penyebab jerawat.

Sedangkan pil KB punya peranan dalam mengatur hormon yang memproduksi sebum tersebut. Hormon ini disebut androgen yang melingkup testosteron.

 Jerawat

Mengonsumsi pil KB yang mengandung estrogen dan progesteron dapat menekan kadar androgen di dalam tubuh. Kemudian hal ini akan mengirim sinyal kepada sel kulit untuk meminimalisir produksi sebum yang akhirnya mengurangi timbulnya jerawat.

"Tapi intinya saya tidak merekomendasikan untuk hal ini (minum pil KB untuk obat jerawat," tambahnya.

Ada efek samping yang bisa dialami jika pil KB sudah terlanjur dikonsumsi oleh wanita yang belum pernah hamil sebelumnya, dengan maksud tujuan untuk menghilangkan jerawat itu.

Pil KB

“Pil KB adalah pil yang membuat siklus menstruasi perempuan bagus, ketika berhenti konsumsi langsung subur lagi. Tapi saya tetap tidak menyarankan memakai cara konsumsi pil KB sebagai obat jerawat,” tandas dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K).

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini