nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Barista Kopi Terbaik Sedunia, Siapa Saja Mereka?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 28 September 2019 02:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 27 298 2110324 6-barista-kopi-terbaik-sedunia-siapa-saja-mereka-jGEcMHpG69.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KENIKMATAN kopi memang bergantung dari kemampuan seorang barista yang membuatnya. Tentunya untuk memiliki kemampuan yang handal dalam meracik kopi, seseorang tidak bisa memperolehnya secara instan.

Dibutuhkan pengalaman dan pendidikan yang cukup agar bisa membuat secangkir kopi nikmat bagi para pelanggan setia. Saat ini memang banyak barista yang mampu meracik kopi dengan sangat nikmat.

Tercatat, ada enam orang barista kopi terbaik sedunia, setelah mengikuti kejuaraan World Barista Championship 2019 Specialty Coffee Expo, Boston. Merangkum dari berbagai sumber Okezone akan membahas mengenai 6 barista kopi terbaik di dunia.

Jooyeon Jeon

Predikat barista terbaik di dunia saat ini dipegang oleh Jooyeon yang berasal dari Korea Selatan.

Predikat barista terbaik di dunia saat ini dipegang oleh Jooyeon yang berasal dari Korea Selatan. Wanita berusia 31 tahun tersebut bekerja sebagi barista di Momos Coffee yakni sebuah kafe yang terletak di Busan.

Sebelumnya Jooyeon juga pernah mengikuti kejuaraan World Barista Championship 2018 di Amsterdam, namun kala itu ia hanya berhasil menempati urutan ke-14.

Michalis Dimitrakopoulos

Keahliannya dalam mengolah kopi memang tak perlu diragukan lagi.

Juara kedua barista terbaik di dunia dipegang oleh Michalis. Pria asal Yunani ini bekerja sebagai barista di The Underdog Roasters. Keahliannya dalam mengolah kopi memang tak perlu diragukan lagi.

Hal ini terlihat dari sejumlah postingannya di akun media sosial, Instagram yang berisi tentang cara mengolah hingga meracik segelas kopi yang nikmat

Cole Torode

Saat ini, pria berambut pirang tersebut bekerja sebagai barista di Rosso Coffee Roasters.

Barista kopi terbaik ketiga didunia berhasil diperoleh pria asal Kanada bernama Cole Torode. Kemampuannya dalam bidang perkopian tak perlu diragukan. Torode pernah menjadi finalis World Barista Championship sebanyak dua kali.

Saat ini, pria berambut pirang tersebut bekerja sebagai barista di Rosso Coffee Roasters.

Mikael Jasin

Mikael kerap menjadi bintang tamu yang mengajarkan cara terbaik dalam membuat secangkir kopi nikmat.

Mikael Jasin adalah satu-satunya orang Indonesia yang menyabet predikat sebagai barista keempat terbaik dunia. Pria bertato ini bekerja sebagai barista di Common Grounds Coffee Roasters.

Mikael kerap menjadi bintang tamu yang mengajarkan cara terbaik dalam membuat secangkir kopi nikmat.

Wojtek Bialczak

 Pria asal Jerman ini juga menjadi barista terbaik di negaranya selama 2019.

Wojtek merupakan seorang barista yang bekerja di Five Elephant Coffee dan menjadi barista terbaik kelima di dunia. Pria asal Jerman ini juga menjadi barista terbaik di negaranya selama 2019.

Dalam kompetisi Wojtek menjadi salah satu lawan yang hampir menyaingi penilaian Mikael Jasin yang merupakan barista terbaik keempat asal Indonesia.

Mathieu Theis

 Ia juga menjadi juara bertahan dalam kompetisi barista di Swiss pada 2016, 2018 dan 2019.

Pria asal Swiss ini merupakan barista terbaik keenam sedunia sekaligus pemilik Mame Coffee Shop. Mathieu berhasil menjadi finalis World Barista pada 2018 dan 2019. Ia juga menjadi juara bertahan dalam kompetisi barista di Swiss pada 2016, 2018 dan 2019. (mrt) 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini