Jangan Takut Minum Pil KB, Kenali 3 Fasenya untuk Tunda Kehamilan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 27 September 2019 07:42 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 27 481 2109925 jangan-takut-minum-pil-kb-kenali-3-fasenya-untuk-tunda-kehamilan-Tg0hw2DoWF.jpg Ilustrasi minum pil KB (Foto : Medicalnewstoday)

Beberapa wanita kerap menganggap pil KB menjadi salah satu hal yang tabu dan kerap diabaikan. Hasilnya banyak orangtua yang memiliki anak dengan jarak kehamilan yang terlalu dekat.

Tentunya jarak kehamilan yang terlalu dekat dapat menyebabkan organ reproduksi seorang wanita belum bisa berjalan dengan normal. Selain itu jarak terlalu dekat juga membuat sang anak kurang mendapat kasih sayang, karena fokus dengan anak kedua. Sebenarnya hal semacam ini bisa dipecahkan dengan penggunaan pil KB.

Konon kontrasepsi sudah ada sejak zaman Nabi Adam untuk mencegah kehamilan. Hal ini diungkapkan oleh Dokter Spesialis Kandungan, dr. Boy Abidin SpOG (K).

dr boy

“Kontrasepsi konon sudah ada sejak zaman Nabi Adam untuk mencegah kehamilan. Saat ini kontrasepsi telah berkembang menjadi modern contohnya perkembangan kondom yang ada rasanya, geriginya, aromanya dan lain-lain,” ucap dr. Boy, dalam acara Hari Kontrasepsi Sedunia, Kamis 26 September 2019.

Lebih lanjut dr. Boy mengatakan ada tiga fase yang bisa digunakan oleh pasangan untuk menunda kehamilan, salah satunya dengan minum pil KB. Fase tersebut meliputi fase menunda, fase menjarangkan dan fase tidak hamil lagi. Semua fase memiliki kontrasepsi yang berbeda satu sama lainnya.

“Fase menunda biasanya dengan cara alami dan menggunakan pil. Fase menjarangkan dengan cara alami, pil, suntik, IUD dan implan. Sementara fase tidak hamil lagi dengan cara pil, suntik, IUD, implan dan sterilisasi,” lanjutnya.

Hari Kontrasepsi Sedunia

Selain fase menunda kehamilan, usia seorang wanita juga menjadi indikator lain. Disarankan seorang wanita untuk melakukan sterilisasi apabila telah berada di umur tertentu dan sudah tidak ingin memiliki anak.

Selain itu, pengaturan jarak kehamilan juga perlu disesuaikan. Lalu, berapa idealnya jarak pengaturan kehamilan?

pil KB banyak

“Pada wanita usia 35 tahun bisa memilih program kontrasepsi dengan cara sterilisasi. Di sisi lain pengaturan jarak kehamilan juga harus disesuaikan. Idealnya seorang anak berjarak 2-4 tahun,” tuntasnya.

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini