Jangan Percaya Mitos, Ini Manfaat Pil KB Modern

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 27 September 2019 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 27 481 2109957 jangan-percaya-mitos-ini-manfaat-pil-kb-modern-K7Bw9Izzsh.jpg Minum pil KB (Foto : Verywellhealth)

Penggunaan pil KB masih menjadi suatu hal yang tabu bagi para wanita. Padahal pil kontrasepsi modern yang dijual saat ini, memiliki banyak manfaat postif karena kandungan di dalamnya.

Menjawab hal tersebut Dokter Spesialis Kandungan, dr. Boy Abidin SpOG (K) pun mencoba memberikan pemahaman mengenai pil KB modern yang memiliki banyak kelebihan. Ia juga mengimbau agar masyarakat tidak gampang percaya dengan mitos pil KB yang beredar.

pil kb ijo

Menurutnya pil KB zaman sekarang sudah modern dan mengalami banyak pengembangan dibandingkan sebelumnya. Selain itu tingkat keberhasilannya pun menjadi semakin tinggi karena beberapa kandungan yang ada di dalamnya.

Pil KB modern menggunakan hormon yang lebih mendekati aslinya. Sementara, pil KB lama masih menggunakan hormon sintetik. Hal ini akan memengaruhi tingkat keberhasilan.

Minum Pil KB

“Kalau pil kontrasepsi lama menggunakan hormon sintetik. Sementara yang modern pakai hormon yang lebih mendekati aslinya sehingga lebih aman. Tingkat efektif proteksi kehamilannya pun sangat tinggi yakni sebesar 98-99 persen,” terang dr. Boy, dalam acara Hari Kontrasepsi Sedunia, Kamis 26 Se[tember 2019.

Dokter Boy menjelaskan tingkat keberhasilan pil kontrasepsi sebesar 98-99 persen juga dipengaruhi oleh cara seorang wanita dalam menggunakannya. Hal yang paling penting untuk dilakukan adalah sikap disiplin untuk terus mengonsumsinya.

Pil KB diminum

“Pil kontrasepsi sangat efektif asalkan minumnya harus teratur dan di jam yang sama. Kalau mau berhenti mengonsumsi pil kontrasepsi, pastikan harus menghabiskan satu strip jangan setengah,” imbuhnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini