4 Mitos Pil KB yang Sering Dipercaya, Padahal Sesat!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 27 September 2019 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 27 481 2109991 4-mitos-pil-kb-yang-sering-dipercaya-padahal-sesat-Ib5XTz4arN.jpg Mitos pil KB yang keliru (Foto : Medicalnewstoday)

Mitos negatif mengenai pil KB yang berkembang pesat di masyarakat membuat sejumlah wanita enggan menggunakannya untuk menunda kehamilan. Padahal beberapa mitos tersebut banyak yang keliru hingga membuat penggunanya menjadi ragu.

Hal ini membuat Dokter Spesialis Kandungan, dr. Boy Abidin SpOG (K) angkat bicara untuk menguak semua mitos pil KB. Dalam artikel ini Okezone akan merangkumnya untuk Anda. Yuk disimak.

1. Pil kontrasepsi membuat rahim kering

Pil KB minum gak ya

Anggapan bahwa kandungan yang terdapat pada pil KB dapat membuat lendir di rahim menjadi lebih kental hanyalah mitos. Fungsinya untuk menghambat sperma yang hendak membuahi. Selain itu menstruasi akan tetap terjadi namun tidak ada okulasi.

2. Pil kontrasepsi membuat mual dan muntah

Kalau kadar hormon yang ada di dalam pil kontrasepsinya tinggi, mungkin bisa menyebabkan mual dan muntah. Tapi pada pil kontrasepsi modern hormon bisa ditekan untuk membuat efek sampingnya minimal.

Minum Pil kb bikin bingung

3. Pil kontrasepsi sebabkan jerawat? Mitos

Mitos. Dengan kadar hormon yang lebih pas dalam pil kontrasepsi moder, maka Anda tak perlu khawatir mengalami jerawat. Terdapat efek anti-androgenik pada pil kontrasepsi modern yang akan mengurangi produksi sebum, mengurangi jumlah jerawat, mempercantik kulit dan rambut.

4. Pil kontrasepsi sebabkan gemuk? 

minum pil kb aman

Jumlah hormon yang ditekan dalam pil kontrasepsi modern membuat pemakainnya tidak akan gemuk. Terdapat hormon drospirenone yang menggantikan aldosteron sehingga tidak terjadi retensi cairan (bloating).

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini