nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Boneka Setan yang Katanya Bawa Sial, Faktanya Malah Bikin Kaget!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 27 September 2019 12:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 27 612 2109997 viral-boneka-setan-yang-katanya-bawa-sial-faktanya-malah-bikin-kaget-rXODrLxqek.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BONEKA setan atau bisa disebut 'Kumantong' memang menggemaskan. Tapi, boneka tersebut dikatakan dapat membahayakan siapa pun yang mengelus dan menyapanya.

Dalam sebuah pesan berantai, ada boneka setan yang membawa sial jika Anda mengatakan, "lucunya" atau "cantiknya". Kalimat tersebut dianggap membuka portal kegelapan dan Anda akan mendapatkan sial setelahnya.

Seperti ini bunyi lengkap informasi mengenai boneka setan tersebut:

"Hati-hati jika Anda jalan-jalan ke mall atau ke mana saja, kalau ketemu orang membawa boneka seperti ini, jangan Anda dekati atau pegang-pegang bonekanya sambil mengucapkan kata-kata, 'lucunya atau cantiknya' pada boneka itu. Sebab, ini bukan boneka biasa, tapi itu adalah boneka asal Thailand yang ada isinya (kuasa gelap atau setan, kalau di Indonesia istilahnya Tuyul). Khususnya di Medan, sekarang sudah banyak orang memiliki boneka itu dan di Jakarta juga sudah ada yang pelihara.

 

Teman-teman, jika Anda ada ketemu orang yang bawa boneka seperti itu di mall atau di mana pun juga, sebaiknya pura-pura tidak melihat atau jangan dekati mereka. Sebab, jika Anda merasa tertarik dan dekatin boneka itu, memegangnya, dan ucapkan kata-kata 'lucunya atau cantiknya', saat itu juga magic-nya mulai bekerja.

 

Bayang-bayang boneka itu akan mengikuti orang tersebut sampai rumah dan akan terjadi hal aneh, misalnya uang orang tersebut akan sering hilang secara misterius. Karena boneka itu adalah sejenis tuyul yang bisa mencuri uang orang yang suka padanya.

 

Boneka itu sekarang sudah banyak dipelihara orang yang malas kerja tapi berambisi jadi orang kaya. Hati-hati karena sudah berkeliaran di Medan dan di Jakarta. Siapa pun pemilik boneka itu pastinya ada perjanjian dengan setan yaitu harus memelihara boneka itu dengan baik layaknya anak sendiri dan tentu saja harus ada tumbalnya," tulis informasi tersebut beserta foto.

Okezone coba mencari fakta sebenarnya dari perempuan indigo Furi Harun yang sekaligus pemilik boneka 'Kumantong'.

Ya, foto yang disertakan dapat dijelaskan sedikit, menampilkan seorang pria dan perempuan yang berfoto bersama dengan dua boneka pria berambut pirang. Boneka itu didandani layaknya anak laki-laki pada umumnya. Mengenakan pakaian lengkap dan memegang permen gagang atau lolipop.

Okezone coba mencari fakta sebenarnya dari perempuan indigo Furi Harun yang sekaligus pemilik boneka 'Kumantong'. Lantas, bagaimana penuturannya mengenai informasi ini?

Furi pun membantah jika Kumantong berisi Tuyul atau energi negatif yang bakal membuat orang lain sengsara. Menurutnya, arwah yang ditanamkan ke dalam Kumantong adalah energi positif.

"Arwah yang ada di dalam boneka ini malah arwah-arwah yang butuh perhatian karena mereka meninggal dan terlantar begitu saja. Untuk sifat mereka, beberapa dari mereka ini membawa keberuntungan dan kebahagiaan," ungkap Furi dalam video Youtube-nya yang berjudul 'Penjelasan tentang Kumantong'.

"Saya bisa jamin, itu bukan Tuyul, karena berdasar riset saya selama 4 tahun belakangan ini, hantu yang ada di Kumantong memang arwah bayi yang digugurkan di Thailand, bukan tuyul," sambungnya.

 Malah, dia mengaku sempat diingatkan untuk beribadah oleh si boneka.

Berdasarkan pengalamannya, selama setahun ini memelihara Kumantong, Furi pun tak pernah diganggu atau dikerjai arwah yang ada di dalam boneka tersebut. Malah, dia mengaku sempat diingatkan untuk beribadah oleh si boneka.

"Malah nih, ya, kalau aku belum salat, si arwah yang ada di boneka aku akan bicara ke aku buat jangan lupa salat. Saking arwah tersebut perhatian sama 'ibu'-nya," tambah Furi.

Tapi ada satu fakta yang menarik disampaikan Furi Harun. Dia menerangkan, arwah yang diisikan ke dalam boneka Kumantong itu tak jauh berbeda dengan bayi pada umumnya, dia butuh makanan.

Kumantong yang dimiliki Furi pun hanya meminta minum susu. Makanya, dia selalu sediakan susu banyak dan dibawa ke mana-mana, karena kalau arwahnya capek, ya, obatnya adalah minum susu.

"Memang pada dasarnya makhluk yang ada di dalam boneka itu minta minum susu. Ini bukan sebagai bentuk sesajen, tetapi bentuk merawat makhluk yang sama-sama butuh perhatian dan kasih sayang," papar Furi Harun.

dia selalu sediakan susu banyak dan dibawa ke mana-mana, karena kalau arwahnya capek, ya, obatnya adalah minum susu.

Oleh karena itu, dia yakin masih banyak orang yang kurang paham menyebarkan fakta yang salah. Menurutnya, penyebar kabar tersebut tidak suka dengan keberadaan boneka ini dan dia mencipta informasi salah agar masyarakat membenci boneka Kumantong.

"Padahal, yang sesungguhnya tidak seperti itu. Boneka Kumantong ini memberi kebaikan dan keberuntungan jika dirawat dengan baik. Boneka ini tidak bisa digunakan untuk mendapatkan keuntungan sendiri yang bentuknya menghalalkan segala cara," tegas Furi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini