5 Kopi Langka Berharga Jutaan, Ada yang Berasal dari Kotoran Gajah

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 28 September 2019 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 28 298 2110396 -AtdjZWnQ6n.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

TAK bisa dipungkiri kopi adalah salah satu minuman yang tengah digemari banyak orang. Tak aneh apabila kopi menjadi salah satu tanaman yang memiliki nilai jual yang sangat tinggi, semakin langka biji kopi maka harganya juga semakin mahal.

Alhasil, beberapa jenis kopi bisa dibanderol hingga jutaan rupiah per gramnya. Semuanya tergantung pada ketersediaan dan proses pengolahan biji kopi tersebut.

Merangkum dari The Manual, Okezone akan membagikan beberapa jenis kopi langka dengan harga selangit. Penasaran? Berikut ulasannya.

Hacienda El Roble USD100+ (Rp1,4 juta+)

Selatan yang diawasi oleh ahli agronomi dari pohon-pohon yang dipelihara oleh kompos ayam organik.

Kopi ini menjadi salah satu yang termahal karena pasokan yang sangat sedikit setiap tahunnya yang hanya mencapai 22 kilogram. Kopi ini ditumbuhkan di pertanian Kolombia Selatan yang diawasi oleh ahli agronomi dari pohon-pohon yang dipelihara oleh kompos ayam organik.

Kopi ini diolah dengan pembuatan pulp, pengeringan matahari dan fermentasi terkontrol. Kopi ini memiliki rasa seperti mangga, persik dank rim.

Ospina Dynasty Gran Cafe Premier Grand Cru USD150+ (Rp2,1 juta+)

Kopi ini ditemukan pada 1835 oleh sepasang saudara lelaki yang melarikan diri dari penjara.

Kopi ini ditemukan pada 1835 oleh sepasang saudara lelaki yang melarikan diri dari penjara. Pertanian Ospina berubah menjadi penanaman kopi komersial berskala besar pertama.

Kopi ini tumbuh secara eksklusif di ketinggian 7.500 kaki atau lebih dengan dataran tinggi vulkanik di Provinsi Antioquia Kolombia. Kopi ini memiliki aroma seperti apricot, cokelat-almond dan memiliki rasa renyah pada langit-langit mulut.

Hacienda La Esmeralda USD100-350 (Rp1,4 juta-Rp4,9 juta)

Kopi ini ditanam di wilayah Boquete Panama dan pernah menjadi kopi yang dianugerahi penghargaan dunia

Kopi ini ditanam di wilayah Boquete Panama dan pernah menjadi kopi yang dianugerahi penghargaan dunia. Kopi ini berasal dari varietas Geisha yang tumbuh secara eksklusif pada ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut.

Harganya yang tinggi dikarenakan jumlah pasokannya yang minim, musim tanam yang pendek, biaya tenaga kerja yang tinggi dan rasanya yang tak tertandingi. Kopi ini memiliki rasa seperti jeruk atau lemon tea cookie.

Kopi Luwak USD600 (Rp8,4 juta)

Mereka biasanya akan memakan buah kopi yang paling manis dan segar.

Salah satu kopi terkenal dan termahal di dunia adalah Kopi Luwak yang berasal dari Indonesia. Kopi ini dipanggang setelah dimakan, dicerna dan dihancurkan oleh seekor musang. Mereka biasanya akan memakan buah kopi yang paling manis dan segar.

Setelah dicerna kopi mengalami proses fermentasi yang menjadi karakteristik rasa khas yang tidak dapat diproduksi dengan cara lain. Kopi ini memiliki aroma buah plum, teh, dan bunga mawar.

Black Ivory USD1500 (Rp21,2 juta)

Jika Indonesia punya Kopi Luwak, Thailand memiliki Black Ivory yang diproduksi oleh gajah.

Jika Indonesia punya Kopi Luwak, Thailand memiliki Black Ivory yang diproduksi oleh gajah. Prosesnya sama seperti Kopi Luwak, Black Ivory merupakan biji kopi Arabika yang dikonsumsi oleh gajah di Thailand Utara. Sebagai herbivora, gajah membawa enzim tertentu dan waktu pencernaan yang laman menghasilkan rasa mellow yang unik dan halus.

Harga Black Ivory menjadi mahal karena kesulitan dalam mengekstraksi kacang utuh dari gajah. Mereka memiliki kebiasaan mengunyah sebagian besar dari kopi sehingga sulit menemukannya dalam kondisi utuh.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini