nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wisata Kulineran Ikan Segar di Kampung Ujung Labuan Bajo, Bikin Lidah Bergoyang

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 29 September 2019 12:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 29 298 2110622 wisata-kulineran-ikan-segar-di-kampung-ujung-labuan-bajo-bikin-lidah-bergoyang-Oro02RsZ9j.JPG Wisata kuliner di Labuan Bajo (Foto: Dewi/Okezone)

Ke Labuan Bajo tak lengkap rasanya kalau tidak berburu kuliner seafood. Ada satu kawasan yang nyaman dikunjungi wisatawan untuk makan seafood segar, Wisata Kuliner Kampung Ujung namanya.

Tempat kulineran ini ternyata masuk dalam program penataan kawasan wisata premium di Labuan Bajo oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Lokasinya berada di pinggiran Pelabuhan Labuan Bajo.

 Ikan segar

Kampung Ujung menjadi destinasi kuliner yang sudah dibenahi. Maka, di sekitarnya bisa dimanfaatkan menjadi spot nongkrong buat wisatawan.

Wujud dari Kampung Ujung ini banyak deretan gerobak, yang mayoritas menjual masakan dari berbagai menu seafood. Ada macam-macam ikan laut, seperti kakap, kerapu merah, ikan kakatua, serta cumi dan udang.

Dijamin ikannya segar karena dijuluki ikan sekali mati yang nutrisinya masih melimpah. Selain itu tekstur ikannya juga berbeda, cenderung lembut dan nikmat saat dimakan.

 Ikan dibakar

Waktu makan malam, Okezone pun mencicipi olahan ikan Bakar khas Labuan Bajo. Membayangkan lezatnya saja sudah bikin perut keroncongan.

Setiap penjual pasti akan berlomba-lomba mencari pelanggan yang mau makan di warungnya. Namun sebelum pertama kali melihat deretan warung, Anda harus menuju kasir. Karena di sini sistem pembayarannya deposit menggunakan kartu.

Dengan penuh penasaran, akhirnya Okezone menuju ke satu warung untuk memilih-milih ikan segar. Jangan kaget ya, soal harga ikannya cenderung lebih mahal untuk wisatawan Nusantara.

 Seafood

Setiap satu ekor ikan dibanderol Rp50 ribu sampai Rp60 ribuan. Ukuran ikannya pun tidak besar, sehingga pasnya dimakan untuk satu orang saja. Sayang sekali deh!

Diputuskanlah makan ikan bakar kakap dan kerapu, serta cumi goreng tepung dan saus padang. Setelah memilih ikan mana yang mau dibakar, Okezone sabar menunggu. Rupanya proses penyajian makanannya di atas meja lumayan lama, sekira 30 menitan. Duh!

Jangankan menyajikan makanannya, kami memesan minuman pun tak kunjung datang lebih cepat. Padahal sudah pusing dan lapar, efek lelah hoping island.

Nah, setelah ikan bakar tersaji di atas meja dengan teman-temannya, sambil ngobrol sana-sini, makanannya dilibas habis. Nuansa street food di sini terasa kental, dengan panorama malam kawasan dermaga Labuan Bajo.

Wisata Kuliner Kampung Ujung ini sengaja buka mulai sore hari mulai pukul 17.00 WITA hingga 00.00 WITA. Wisatawan yang mau makan malam bisa merapat ke Kampung Ujung. Yuk dicoba!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini