nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Kopi yang Melegenda di Nusantara, Sudah Coba Semua?

Nikmatul Nurul Aeni, Jurnalis · Minggu 29 September 2019 10:29 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 29 298 2110626 7-kopi-yang-melegenda-di-nusantara-sudah-coba-semua-yFhJWZhDmh.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Kopi merupakan salah satu minuman yang digemari oleh semua orang. Selain memiliki rasa yang enak, namun kopi memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Saat era modern ini, telah banyak bermunculan berbagai kopi. Bukan hanya di Nusantara saja, Indonesia dikenal sebagai salah satu produsen dan eksportir kopi terbesar di dunia.

Indonesia memiliki berbagai macam rasa dan aroma kopi. Tahukah kamu, bahwa Indonesia memiliki kopi Nusantara yang melegenda?

Merangkum dari berbagai sumber, Okezone akan membahas tentang 7 kopi Nusantara yang melegenda.

 Infografis

1. Kopi Jawa

Kopi Jawa memiliki perbedaan dengan kopi Sumatera dan Sulawesi. Memiliki aroma rempah yang sedikit dan kesamaan yang rendah karena diproses dengan cara basah, sehingga membuat cita rasanya menjadi kuat.

Ciri-ciri dari kopi ini adalah hampir sama dengan kopi Arabica karena memiliki ukuran biji yang lebih kecil dari kopi Robusta. Kandungan kafein yang rendah.

 Biji kopi

2. Kopi Sumatera

Tahukah kamu, bahwa kopi Sumatera adalah salah satu kopi paling terkenal di dunia. Kopi yang paling terkenal berasal dari Sumatera Utara dengan kopi Sidikalang, Lintong, dan Mandheling. Kopi ini merupakan jenis kopi yang paling paling berat di dunia.

Memiliki karateristik kopi yang beraoma rempah dan juga earthly. Bahkan memiliki aroma yang tajam dan bertekstur halus.

3. Kopi Aceh Gayo

Kopi Gayo merupakan varietas kopi Arabika yang menjadi salah satu komoditi unggulan yang berasal dari dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah. Tahukah kamu bahwa kopi ini sudah terkenal dengan kenikmatannya? Ciri dari kopi ini adalah memiliki kekhasan aroma yang berbeda dengan kopi lainnya di Indonesia.

4. Kopi Sulawesi

Daerah ini sangat diberkahi dengan tanah yang subur, sehingga memiliki kopi yang berkualitas. Kopi Toraja yang memiliki nama latin Cleber Kalosi ini bukan hanya dikenal di Indonesia saja. Namun, sangat dikenal oleh para pencinta kopi seluruh dunia.

Kopi ini memiliki warna cokelat tua dan memiliki bentuk biji yang tidak beraturan, sehingga, menjadi ciri khas dari kopi ini. Kopi Toraja asli memiliki rasa yang unik yaitu memiliki rasa yang tidak terlalu pahit.

 Biji kopi

5. Kopi Bali Kintamani

Kopi Kintamani ditanam di tanah dengan ketinggian sekitar 1000 mdpl dan memiliki jenis kopi Arabica. Kopi Bali ini sudah sampai ekspor ke Eropa, Jepang, dan Australia loh?.

Bahkan juga dijadikan oleh-oleh khas Pulau Dewata. Kopi Bali cenderung asam segar seperti buah jeruk, sehingga menjadi keunikan dari kopi ini. Kopi ini dapat disajikan dengan cara tradisional , dengan metode tubruk dan diberi gula.

6. Kopi Wamena Papua

Kopi Wamena Papua ini tumbuh pada ketinggian 1.500 m dengan suhu 20 derajat, sehingga memiliki cita rasa ringan dan keharuman yang tajam.

Kopi ini merupakan kopi yang berkualitas karena para petani menanamnya secara organik. Kopi ini terkenal dengan rasa yang balance dan smooth. Jika kamu tidak suka kopi yang berampas, maka kopi ini sangat tepat untuk kamu jadikan pilihan karena nyaris tidak memiliki ampas.

7. Kopi Flores Bajawa

Kopi ini berasal dari Kabupaten Ngada dan memiliki rasa yang pahit. Namun rasa pahitnya masih terbilang ringan.

Kopi ini mudah tumbuh dan cepat diproduksi dan membutukan 20 tahun untuk usia produksi. Memiliki kapasitas dari setiap produksinya mencapai 4-5 kg buah per pohon. Sehingga menjadikan kopi ini istimewa dari kopi jenis Arabica ini.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini