nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Cara Jitu Hadapi Pertanyaan Apa Kelemahanmu saat Wawancara Kerja

Brilyana Dwi Indriani, Jurnalis · Senin 30 September 2019 20:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 30 196 2111132 4-cara-jitu-hadapi-pertanyaan-apa-kelemahanmu-saat-wawancara-kerja-R28XPg6FgA.jpg Menghadapi wawancara kerja (Foto: Student Brands)

BEBERAPA pertanyaan menjebak sering kali dilontarkan oleh staff HRD saat wawancara kerja. Biasanya akan muncul pertanyaan seperti apa kelemahan dan kelebihan Anda.

Kemungkinan, ini menjadi cara perusahaan melihat bagaimana kesiapan si pelamar itu dalam bekerja. Di samping itu, Anda bisa melakukan cara untuk menghilangkan semua kecanggungan saat wawancara kerja dengan mengikuti beberapa tips berikut ini. Dikutip dari Popsugarmoney, Senin (30/09/2019) berikut ini cara yang bisa Anda lakukan:

 Wawancara kerja

1. Hindari jawaban monoton

Jangan memberikan jawaban seperti "Kelemahan terbesar saya adalah terlalu perfeksionis atau gila kerja." Mungkin bagi Anda itu jawaban yang tepat, sayangnya itu terdengar seperti kebohongan, karena sudah terbiasa mendengar jawaban-jawaban umum. Jawaban tersebut dianggap hanya untuk menghindari pertanyaan saat wawancara kerja.

2. Jujur

Gali lebih dalam diri Anda dan cari tahu apa kelemahan Anda yang sebenarnya saat bekerja. Tulis beberapa kelemahanmu dalam kertas, cari tahu mana yang dapat Anda gunakan dalam menjawab wawancara. Jika Anda menyatakan kelemahan yang Anda hadapi, jawaban itu akan terdengar lebih jujur.

Beberapa hal yang akan membantu Anda menemukan kelemahan sebenarnya adalah dengan melihat beberapa tantangan yang Anda hadapi di pekerjaan sebelumnya, atau kritik konstruktif yang Anda terima dari seorang manajer.

 Wawancara kerja

3. Hindari jawaban boomerang

Anda perlu menghindari kelemahan yang akan merusak peluang Anda mendapatkan pekerjaan. Misalnya, jika Anda melamar posisi SDM dan Anda mengatakan bahwa Anda tidak pandai bergaul dengan orang lain, atau jika Anda melamar pekerjaan di bidang penjualan dan Anda mengatakan Anda buruk dalam bernegosiasi. Ini tidak berarti bahwa Anda membuat satu kesalahan besar, tetapi lebih baik bagi Anda untuk mencari kelemahan lain yang bukan pemecah kesepakatan.

4. Bicarakan langkah Anda mengatasi kelemahan

Wawancara kerja

Bicarakan langkah-langkah yang telah Anda lakukan untuk mengatasi kelemahan Anda. Hal ini memberi kesempatan Anda untuk menunjukkan kepada pewawancara bahwa meskipun Anda memiliki kekurangan, Anda cukup proaktif dan banyak akal untuk mengatasinya. Di satu sisi, upaya Anda untuk menaklukkan kelemahan Anda akan dipandang sebagai kekuatan.

Cari tahu bagaimana menjawab pertanyaan tentang kelemahan Anda saat wawancara. Hindari jawaban boomerang untuk Anda, bisa jadi jawaban Anda menyingkirkan Anda dari pekerjaan itu. Tetap tunjukkan rasa percaya diri Anda dan hilangkan kegugupan Anda saat melakukan wawancara.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini