nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Teknik Seduh Kopi Kekinian yang Bisa Kamu Coba Sendiri

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 30 September 2019 11:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 30 298 2110892 6-teknik-seduh-kopi-kekinian-yang-bisa-kamu-coba-sendiri-TuRYZTXx8H.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MEMASUKI era third wave coffee, saat ini mulai banyak bermunculan teknik manual brew dengan keunikannya masing-masing. Mulai dari french press, Aeropress, V60, Vietnam Drip, dan masih banyak lagi.

Lantas, teknik manakah yang paling tepat untuk menikmati cita rasa kopi yang sempurna? Dikutip Okezone dari Coffeeland Indonesia, berikut 6 teknik penyeduhan kopi yang tengah digandrungi para pencinta kopi Nusantara. Anda bisa mempratikkannya sendiri di rumah lho, Okezoners!

Aeropress

Anda hanya perlu menekan kopi yang sudah diberi air panas sehingga tersaring dan tersaji di dalam cangkir.

Aeropress pertama kali ditemukan pada tahun 2005 silam. Teknik ini menggunakan alat seperti dua tabung yang disatukan. Aeropress bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang hobi traveling. Alatnya tidak mudah pecah dan lebih mudah disimpan di dalam tas maupun koper.

Secara garis besar, cara penyeduhan kopi menggunakan teknik Aeropress adalah dengan menggunakan tekanan udara. Anda hanya perlu menekan kopi yang sudah diberi air panas sehingga tersaring dan tersaji di dalam cangkir.

Syphon

Penyajiannya menggunakan metode memasak kopi pada tabung khusus.

Berbeda dengan Aeropress, Syphon cenderung membutuhkan waktu yang cukup lama. Teknik lebih cocok untuk mereka yang memiliki banyak waktu luang. Penyajiannya menggunakan metode memasak kopi pada tabung khusus.

Kopi akan diletakkan di bagian atas tabung, dan air di bagian bawahnya. Lalu ada rumah spiritus yang diletakkan di bawah alat syphon. Ingat, air harus dimasak hingga mendidih, sehingga ia akan naik ke atas tempat kopi diletakkan. Setelah itu, Anda bisa menyingkirkan spiritus lalu mengaduk kopi sebelum disajikan.

Cold Brew

Ingin menikmati racikan kopi dengan sensasi yang berbeda?

Ingin menikmati racikan kopi dengan sensasi yang berbeda? Anda bisa menjajal teknik cold brew. Teknik ini membutuh waktu yang cukup lama, bahkan bisa mencapai lebih dari 12 jam. Caranya dengan menggunakan alat khusus, lalu bubuk kopi akan ditetesi air es.

Setelah itu, tetesan air kopi akan masuk ke gelas tampung. Teknik cold brew dimaksudkan untuk mengurangi tingkat acidity atau keasaman kopi, dan menimbulkan rasa buah atau kacang-kacangan sesuai dengan varietas kopi yang digunakan.

Vietnam Drip

Anda bisa menambahkan susu kental manis ke dalam cangkir kopi lalu aduk hingga rata.

Selanjutnya ada teknik vietnam drip yang juga membutuh waktu cukup lama. Vietnam drip dilakukan dengan cara menunggu tetesan kopi setetes demi setetes seperti teknik drip pada umumnya.

Bila ingin menimbulkan sensasi rasa manis, Anda bisa menambahkan susu kental manis ke dalam cangkir kopi lalu aduk hingga rata.

Tubruk

Tubruk adalah teknik tradisional yang sudah tidak asing lagi di telinga pencinta kopi Indonesia. Caranya sangat sederhana.

Tubruk adalah teknik tradisional yang sudah tidak asing lagi di telinga pencinta kopi Indonesia. Caranya sangat sederhana. Bubuk kopi akan langsung diseduh dengan air panas lalu diaduk.

Setelah ampas kopi mengendap di bawah cangkir, Anda bisa langsung menikmatinya. Ampas kopi juga bisa diambil menggunakan sendok ketika mengambang di permukaan cangkir.

V60

Kopi biasanya akan disajikan bersama cangkir atau gelas/keramik V60, filter yang dialaskan pada V60

Terakhir ada teknik V60 yang tengah digandrungi para pencinta kopi milenial. Teknik ini memungkinkan Anda untuk menikmati rasa kopi yang lebih lembut. Cara kerja V60 atau Pour Over Dalah dengan menggunakan alat berupa corong gelas berbentuk V dengan kemiringan 60 derajat dengan guratan-guratan di dalam corongnya.

Kopi biasanya akan disajikan bersama cangkir atau gelas/keramik V60, filter yang dialaskan pada V60, dan kattle yang berleher panjang. Waktu penyeduhan berkisar antara 1 menit 30 detik – 2 menit 15 detik.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini