Makan Wasabi Porsi Besar, Wanita Ini Alami Sindrom Patah Hati

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 30 September 2019 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 30 298 2111015 makan-wasabi-porsi-besar-wanita-ini-alami-sindrom-patah-hati-5Um5V3vdRE.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Siapa sangka, salah mengenali jenis makanan dapat mengakibatkan dampak buruk bagi kesehatan. Tidak percaya? Seperti dilansir Foxnews, Senin (30/9/2019) seorang wanita Israel dilaporkan masuk rumah sakit setelah makan wasabi.

Ia disebut mengalami ‘sindrom patah hati’ alias “broken heart syndrome” setelah salah mengira wasabi yang ia makan adalah buah alpukat. Sebagaimana tertulis dalam laporan detail jurnal medisnya.

 Makanan pendamping

Dikisahkan, sang wanita yang berusia di akhir 60-an tersebut awalnya hadir di sebuah acara pernikahan. Kemudian di tengah pesta, sang wanita yang tidak disebutkan identitasnya ini, diketahui memakan wasabi dalam jumlah porsi besar. Ya, semangkuk wasabi porsi besar yang ia kira adalah cocolan yang terbuat dari buah alpukat.

Tidak lama kemudian, menurut laporan menurut IFL Science, mendadak wanita tersebut mengalami rasa sesak di dadanya bak ditekan-tekan, dan rasa ini pun berlanjut ke bagian lengannya. Sensasi tekanan ini disebutkan berlangsung selama beberapa jam berikutnya, meskipun wanita itu memilih untuk tetap berada di pesta.

Akhirnya keesokan harinya, ia terbangun dengan perasaan tidak nyaman dan merasa tubuhnya lemah. Ia memutuskan untuk memeriksakan diri ke dokter, sesampainya di rumah sakit kemudian tim dokter pun langsung melakukan tindakan electrocardiogram (ECG).

Terungkaplah bahwa wanita ini ternyata menderita takotsubo cardiomyopathy, yang secara sehari-hari dikenal sebagai "sindrom patah hati". Secara medis kondisi tersebut didefinisikan sebagai gangguan sementara fungsi pemompaan normal jantung di satu area jantung.

Dalam laporan, para peneliti mengklaim kasus sindrom patah hati wanita adalah yang pertama terjadi karena disebabkan oleh konsumsi makanan. Sebelumnya, kasus kasus lain terkait sindrom patah hati terkait makanan terkait dengan anafilaksis, reaksi alergi yang parah.

“Sejauh pengetahuan kami, ini adalah laporan pertama kardiomiopati takotsubo yang dipicu oleh konsumsi wasabi," ungkap sang peneliti, seperti dilapor IFL Science.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini