nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Fakta Menarik Seputar Kopi yang Belum Banyak Diketahui

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 01 Oktober 2019 07:27 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 30 298 2111256 7-fakta-menarik-seputar-kopi-yang-belum-banyak-diketahui-1oyHbrTYsU.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Banyak orang yang tidak bisa membayangkan hidupnya tanpa kopi, karena begitu menyukai begitu tergantung dengan minuman satu ini.

Terlepas titelnya sebagai salah satu jenis minuman yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia, banyak fakta-fakta menarik tentang kopi yang belum banyak diketahui. Apa saja? Daripada penasaran, yuk baca dulu paparan fakta-fakta menarik tentang kopi yang masih tidak diketahui banyak orang.

 Gelas dan kopi

1. Tidak selalu disebut ‘coffee’

Banyak orang menduga kata ‘coffee’ adalah sebutan untuk kopi sesungguhnya. Padahal ‘coffee’ ini dipinjam dari bahasa Italia “caffe” yang berasal dari kata Belanda "koffie," yang diambil dari bahasa Turki "kahve", yang berasal dari bahasa Arab "qahwah."

2. Biji kopi adalah biji ceri

 

Tahukah Anda, biji kopi ternyata berasal dari tanaman seperti semak berbunga yang menghasilkan buah ceri? Setelah matang, dipetik, diproses dan dikeringkan. Setiap buah ceri mengandung dua atau tiga biji, yang oleh orang kebanyakan akan dikenali sebagai biji kopi “kacang.”. Rasanya tergantung pada area tumbuh, iklim, dan faktor-faktor lain, tetapi biasanya rasa yang dihasilkan adalah manis seperti madu.

 Infografis

3. Kopi yang diseduh memiliki lebih banyak kafein

Brew coffee atau kopi yang diseduh nyatanya mengandung lebih banyak kafein ketimbang espresso yang pekat. Menurut USDA, hanya ada 64 miligram kafein dalam satu porsi espresso, sedangkan brewed coffee mengandung 95 miligram kafein dalam satu porsinya.

4. Makin ringan proses pemanggangan makin banyak kafein

Disebutkan sebagai aturan umum, semakin ringan biji kopi maka semakin banyak kafein yang di dalamnya. Ringan di sini maksudnya adalah proses roasting, pemanggangan biji kopi. Light roasting biasanya akan membuat peminum kopi tersebut bisa terjaga hingga pagi hari.

 Biji kopi

5. Bisa overdosis

Overdosis kopi sampai mengancam nyawa memang jarang terjadi, tapi bukan berarti tidak bisa. Menurut ulasan medis pada 2018 silam, sebagian besar kematian memang bukan dari minuman. Namun FDA menyarankan untuk minum 400 miligram kafein per hari sebagai batas paling banyak agar tetap aman, atau estimasinya sekitar empat cangkir brewed coffee.

Lebih dari ini, disebutkan dapat menyebabkan migrain, peningkatan denyut jantung, tremor otot, mual dan disforia. Efek samping yang lebih serius, termasuk kejang dan halusinasi, kemungkinan terjadi dengan hitungan konsumsi 1.200 miligram kafein atau lebih.

6. Kopi mengirimkan Brasil ke Olimpiade

Pada Olimpiade 1392, Brasil tak mempunyai dana untuk mengirim 62 orang atletnya untuk berlaga ke Summer Olympiade di Los Angeles, Amerika. Akhirnya, Brasil memutuskan untuk membawa 50.000 karung kopi di kapal dan menjualnya di berbagai pelabuhan di sepanjang jalan. Sampai akhirnya Brasil bisa mengirimkan wakilnya ke Olimpiade.

7. Orang-orang terkenal dengan kebiasaan unik tentang kopi

Penulis dan pemikir terkenal Voltaire, dilaporkan meminum sekitar 40 hingga 50 cangkir campuran cokelat-kopi setiap harinya. Demikian pula dengan mantan presiden Amerika, Theodore Roosevelt yang diduga meminum satu galon kopi per hari dan meninggal pada usia 60 setelah ada gumpalan darah berpindah dari kakinya ke paru-parunya.

Sedangkan musisi legendaris, Beethoven punya kebiasaan menggunakan 60 biji kopi yang dihitung dengan tepat untuk setiap secangkir kopi yang ia minum tidak lebih, tidak kurang. Demikian seperti dilansir Thedailymeal, Senin (30/9/2019).

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini