nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sambut Hari Batik Nasional, Jokowi Ajak Masyarakat Pakai Batik

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 01 Oktober 2019 19:52 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 01 194 2111675 sambut-hari-batik-nasional-jokowi-ajak-masyarakat-pakai-batik-055E4ROsv0.jpg (Foto: @jokowi/Instagram)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mengenakan batik untuk memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober 2019. Tentunya hal ini bertujuan untuk membangkitkan semangat masyarakat untuk menghargai seni dan budaya asli Indonesia.

Seperti diketahui batik merupakan identitas bangsa Indonesia yang paling menonjol. Berbagai motif batik berhasil diciptakan oleh berbagai daerah yang ada di Indonesia. Motif dan warna batik ini pun mencerminkan identitas dan sejarah setiap daerah.

Dewasa ini batik berkembang menjadi busana modern yang kerap digunakan dalam berbagai pesta maupun perayaan-perayaan besar lainnya. Batik pun terdiri dari dua jenis yakni batik tulis dan batik yang dikerjakan menggunakan cap atau stempel.

Jokowi pakai batik

(Foto : @jokowi/Instagram)

Berdasarkan keputusan presiden nomor 33 tahun 2019 tentang Hari Batik Nasional, Batik Indonesia telah ditetapkan sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non bendawi.

Keputusan tersebut disahkan pada 2 Oktober 2009 oleh United Nations of Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO). Oleh sebab itu Jokowi mengimbau jajarannya untuk sama-sama merayakan Hari Batik Nasional dengan mengenakan batik.

Hari Batik

Hal tersebut tertuang dalam surat edaran nomor: 003.3/10132/SJ yang dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia pada Selasa 1 Oktober 2019 tentang Pemakaian Baju Batik Dalam Rangka Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober 2019.

jokowi batik

“Sehubungan hal tersebut, maka dihimbau kepada seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan pemerintah daerah provinsi, kabupaten/kota untuk dapat menggunakan baju batik pada hari Rabu, tanggal 2 Oktober 2019. Demikian disampaikan untuk menjadi perhatian,” tulis isi edaran tersebut.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini