nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Awas Tertipu Skincare Abal-Abal, Ini 4 Hal yang Harus Diperhatikan

Dinno Baskoro, Jurnalis · Selasa 01 Oktober 2019 22:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 01 611 2111711 awas-tertipu-skincare-abal-abal-ini-4-hal-yang-harus-diperhatikan-uBCfpJoO46.jpeg Tips memilih skincare (Foto: Huffingtonpost)

BEGITU banyak pilihan skincare saat ini, tak jarang membuat bingung kaum Hawa. Mulai dari yang harganya murah, selangit, buatan lokal, racikan dokter hingga skincare import dengan berbagai varian semua tersedia di pasaran.

Tapi yang harus diwaspadai adalah soal keamanannya. Jangan sampai yang katanya bisa membuat wajah makin cantik, tapi malah berujung nestapa. Alias Anda tertipu produk skincare abal-abal yang malah merusak kulit.

dr. Dhini Indah Nugriaty, B.Med.Sc, SpKK pun membagikan 4 hal yang harus diperhatikan saat memilih skincare yang aman. Berikut pemaparan selengkapnya.

Ilustrasi skincare

Cek label BPOM

Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) adalah lembaga yang dipercaya pemerintah untuk mengawasi izin edar obat, makanan dan tak terkecuali skincare agar aman dikonsumsi masyarakat.

BPOM tidak mengeluarkan satu izin untuk semua produk. Anda harus cek dan ricek kembali, apakah rangkaian produk skincare tersebut sudah memiliki nomor seri BPOM-nya?

Skincare dari klinik kecantikan

Skincare yang dikeluarkan oleh klinik kecantikan bisa dipastikan terjamin keamanannya, selama klinik tersebut memiliki izin praktek yang sudah diakui dan kredibilitasnya terjaga.

Sebab, untuk mendirikan sebuah klinik pun harus ada izin praktek dan sederet regulasi lain yang cukup ketat. Namun, sebelum membeli skincare ada baiknya konsultasikan dulu pada yang ahli.

 Ilustrasi skincare

Tempat produksi

Sebagai pengguna skincare zaman now, Anda juga harus jeli menelusuri darimana produk-produk ini berasal. Produsen kosmetik yang benar dan resmi sudah pasti akan menyantumkan nama dan alamat pabrik tempat mereka meracik skincare atau kosmetik tersebut.

Nama dokter disembunyikan

 Ilustrasi skincare

Untuk skincare yang merupakan racikan dokter, sudah pasti harus menyantumkan nama dan gelar dokternya. Biasanya tertera pula informasi tambahan lokasi klinik atau tempat praktek dokter tersebut.

Selain itu, di era sekarang Anda pun dapat menelusuri berbagai review para Beauty vlogger bahkan beauty influencer. Mereka banyak mengedukasi masyarakat terutama perihal cara membedakan krim yang aman dan tidak.

Bahkan mereka tidak segan-segan menyebut beberapa krim di pasaran yang yang patut diwaspadai. Bahkan mereka membandingkan konsentrat skincare yang benar dan abal-abal. Abal-abal bagi mereka adalah tidak bersertifikat halal, tidak memiliki BPOM tapi sudah berani beredar di pasaran dengan meng-klaim produk adalah keluaran dokter spesialis.

"Skincare abal-abal sebenarnya bisa diketahui dengan melihat, cium dan rasakan teksturnya (di kulit). Beli dari online shop saja juga belum cukup. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan untuk membeli skincare," ujar dr. Dhini.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini