nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Poster Nyeleneh di Aksi Gejayan Memanggil 2

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 01 Oktober 2019 02:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 01 612 2111263 4-poster-nyeleneh-di-aksi-gejayan-memanggil-2-N20bQxDSIE.jpg Poster di Gejayan Memanggil 2 (Foto: 1504ers/Twitter)

Ribuan mahasiswa dari sejumlah universitas di Yogyakarta kembali bergabung dalam aksi 'Gejayan Memanggil 2' di kawasan Gejayan, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (30/9/2019). Unjuk rasa kali ini dilaporkan lebih ramai dan padat karena turut melibatkan pelajar, buruh, jurnalis dan para aktivitas Hak Asasi Manusia (HAM).

Para peserta aksi 'Gejayan Memanggil 2' mendesak agar pemerintah segera mengatasi masalah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumatera dan Kalimantan, merevisi pasal-pasal bermasalah dalam RKUHP, mendesak pengesahan RUU PKS, hingga menolak RUU Ketenagakerjaan.

Hasil penelusuran Okezone, aksi unjuk rasa tersebut berlangsung damai dan tertib. Tepat pada pukul 16.00 WIB, para mahasiswa dilaporkan telah kembali ke titik kumpul masing-masing di UIN SUKA, dan UGM.

Sama seperti aksi-aksi sebelumnya, Gejayan Memanggil 2 juga menyisakan sejumlah pemandangan unik yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya pesan-pesan menggelitik yang terpampang jelas di poster-poster para peserta aksi. Berikut Okezone rangkumkan beberapa di antaranya, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber.

1. Mak dan Adek

 Poster

Sebelum massa memadati kawasan Gejayan, seorang ibu dan anak kecil tampak membawa sebuah poster bertuliskan "Mak dan Adek mendukungmu #GejayanMemanggil". Poster itu dimaksudkan untuk menyemangati para mahasiswa yang hendak menyuarakan aspirasi rakyat Indonesia.

2. Jangan chaos

 Poster

Poster selanjutnya datang dari seorang pria yang turut mengikuti aksi Gejayan Memanggil 2. Menyadari bahwa berat badannya di atas rata-rata, pria itu menuliskan sebuah pesan super kocak pada sebuah poster berwarna pink yang di bawanya.

"Jangan Chaos. Gue gendut susah lari cok!!!," tulisnya.

3. Solidaritas warga

 Poster

Masih ingat pria yang viral gara-gara jualan es teh manis di aksi unjuk rasa sebelumnya? Hari ini ia mungkin menutup lapaknya lebih cepat, mengingat sudah banyak warga yang membagikan makanan dan minuman secara cuma-cuma di sepanjang Gejayan. Seperti yang terlihat pada foto di bawah ini.

4. Tuhan, Dukun, dan DPR

 Poster

Terakhir ada poster super nyeleneh yang dibawa oleh salah seorang peserta aksi. Dalam poster tersebut ia menuliskan sebuah kalimat sindiran untuk para anggota DPR.

"Percaya Tuhan = Religius, Percaya Dukun = Misterius, Percaya DPR = Ah Serius?," tulisnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini