nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal 5 Motif Batik Unik Kreasi Masyarakat Indonesia

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 02 Oktober 2019 09:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 02 194 2111803 mengenal-5-motif-batik-unik-kreasi-masyarakat-indonesia-yFfruBBaip.jpg Batik Marunda (Foto: batikmarunda/Instagram)

Sejak UNESCO menetapkan batik sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia, antusias masyarakat untuk mengenakan batik semakin tinggi. Salah satu alasannya karena sekarang batik memiliki desain yang lebih modern, baik dari segi model maupun motif. Di Hari Batik Nasional ini, Okezone akan membahas mengenai motif beberapa motif batik unik.

Masyarakat luas mengenal beberapa motif batik seperti kawung, sido asih, mega mendung, keraton, sekar jagad, dan sido luhur. Namun kini motif batik tak hanya sebatas itu. Ada beberapa motif batik unik yang turut dipengaruhi oleh budaya asal pengrajin batik. Cukup banyak pengrajin yang memasukkan ciri khas daerahnya sebagai motif batik agar lebih dikenal oleh masyarakat.

Berikut beberapa motif batik unik seperti yang Okezone rangkum dari berbagai sumber, Rabu (2/10/2019):

1. Batik Bogor

 Motif batik

(Foto: batiktradisiku/Instagram)

Sejak tahun 2011, Bogor memiliki motif batik yang terbilang unik karena mengambil kearifan lokal. Motifnya antara lain gerimis, kijang, kujang, teratai, bunga Rafflesia Arnoldi, talas, dan angkot yang semuanya adalah ciri khas Kota Hujan.

2. Batik Madura

Motif batik

 (Foto: areya_batikmadura/Instagram)

Selanjutnya ada batik Madura yang memiliki motif menggambarkan kebebasan masyarakat berekspresi namun memiliki ciri khas pesisiran. Motif-motifnya mengandung unsur laut seperti sisik ikan, kerang, atau sulur rumput laut. Selain itu, batik Madura juga memiliki warna berani dan tegas yaitu merah, kuning, hijau, dan biru.

3. Batik Malangan

Motif batik

 (Foto: batiktradisiku/Instagram)

Tak jauh berbeda, batik Malangan juga memiliki ciri khasnya sendiri. Para pengrajin batik biasanya akan memasukkan motif seperti tumbuhan, bunga, topeng, dan wayang. Selain itu, para pengrajin juga memiliki kesempatan untuk berkreativitas menciptakan motif sendiri sesuai imajinasinya.

4. Batik Marunda

Motif batik

 (Foto: batikmarunda/Instagram)

Berawal dari kegiatan ibu rumah tangga di rumah susun Marunda, maka terciptalah batik Marunda yang memiliki ciri khas. Motif dari batik tersebut adalah hewan dan tumbuhan yang digambar dengan warna-warna cerah. Warna yang digunakan antara lain hijau, orange, merah, dan hitam.

5. Batik Singkawang

Motif batik

 (Foto: priska_kotesingkawang/Instagram)

Pada mulanya Singkawang bukanlah daerah penghasil batik. Sampai pada akhirnya ada masyarakat setempat yang belajar membatik dan kemudian mengajari orang lain. Motif batik Singkawang cukup unik. Hampir sama seperti batik Malangan, para pengrajin memasukkan daya imajinasinya untuk membuat motif. Sebut saja ikan arwana, bunga, nuansa etnis Tionghoa, hingga motif yang telah lebih dulu dimiliki suku Dayak.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini