nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenakan Batik, Jokowi Sebut Malcolm Turnbull Mirip Pria Solo

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 02 Oktober 2019 21:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 02 194 2112152 kenakan-batik-jokowi-sebut-malcolm-turnbull-mirip-pria-solo-OwTpPwKTwv.jpg Presiden Jokowi dan Malcom Turnbull (Foto : @jokowi/Instagram)

Presiden Joko Widodo memuji penampilan Perdana Menteri Australia yang memakai batik saat melakukan kunjungan ke Istana Negara, Jumat lalu 27 September 2019. Jokowi bahkan sampai mengunggah ulang potret mereka saat sedang asyik berbincang di halaman istana.

Pada keterangan foto, Jokowi mengungkapkan bahwa ia merasa pangling ketika melihat Malcolm Turnbull tampil dalam balutan kemeja batik berwarna cokelat.

"Ini kisah tentang batik. Jumat lalu saya kedatangan tamu, seorang sahabat, mantan Perdana Menteri Australia, Pak Malcolm Turnbull.

Jokowi dan turnbull

Beliau mengenakan kemeja batik. Dan saya jadi pangling melihatnya. Pak Turnbull terlihat seperti bukan dari Australia. Seperti pria dari Solo..," tulis Jokowi.

Foto tersebut sengaja diunggah Jokowi mengingat hari ini masyarakat Indonesia tengah merayakan Hari Batik Nasional. Banyak yang berasumsi bahwa Jokowi tengah menjalankan starategi soft diplomacy demi memperat hubungan bilateral antara Indonesia dan Australia.

Selain Malcolm Turnbull, sejumlah tokoh dunia juga pernah kedapatan mengenakan baju batik saat berkunjung ke Indonesia. Mulai dari Barack Obama, Bill Gates, Shinzo Abe, dan masih banyak lagi.

obama pakai batik

Terlepas dari kisah menarik yang dibagikan oleh kakek dua cucu itu, sejak Senin 1 Oktober 2019, Presiden Jokowi juga sebetulnya telah mengimbau masyarakat Indonesia untuk ikut merayakan Hari Batik Nasional dengan mengenakan batik saat beraktivitas.

Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nomor : 003. 3/10132/ SJ Tentang Pemakaian Baju Batik Dalam Rangka Hari Batik Nasional 2 Oktober 2019.

imbauan pakai batik

Disebutkan bahwa berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009 tentang Hari Batik Nasional, Batik Indonesia telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Hudaya Lisan dan Non-Bendawi pada tanggal 2 Oktober 2009 oleh UNESCO.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka diimbau kepada seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan Pemerintah Daerah, Provinsi, Kabupaten/Kota untuk dapat menggunakan baju batik pada hari Rabu, tanggal 2 Oktober 2019.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini