nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Apakah Kamu Merasa Broken Home? Coba Tes dengan 3 Gambar Ini

Ade Charisma, Jurnalis · Rabu 02 Oktober 2019 12:43 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 02 196 2111905 apakah-kamu-merasa-broken-home-coba-tes-dengan-3-gambar-ini-PjULpHhvDz.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SETIAP orang memang kerap mengidamkan kehidupan yang bahagia bersama dengan keluarganya. Tapi, tidak semua orang mendapatkan apa yang diidam-idamkan. Meski demikian, banyak orang lebih memilih menggambarkan kondisi harmonis, ketimbang menunjukkan penderitaan mereka.

Memang, hubungan keluarga yang sehat sangat penting bagi kesehatan fisik, seperti halnya melakukan diet dan berolahraga. Menurut sebuah penelitian, orang dewasa yang terisolasi secara sosial menghadapi risiko inflamasi pada psikologi, yang sama dengan mereka yang secara fisik tidak terlalu aktif.

Hubungan pertama yang kita alami adalah dengan keluarga kita, dari masa kanak-kanak hingga dewasa. Oleh karena itu, keluarga juga lah yang menentukan bagaimana kita memandang dunia.

Dilansir dari brightside, ada tes psikologis untuk mencari tahu bagaimana hubungan keluarga membentuk kepribadian. Coba perhatikan baik-baik gambar di bawah ini. Menurut kamu, foto manakah yang bukan keluarga asli?

Coba perhatikan baik-baik gambar di bawah ini. Menurut kamu, foto manakah yang bukan keluarga asli?

Apabila kamu sudah memilih dari salah satu gambar, berikut inilah uraian atas jawaban mu :

Gambar Keluarga 1

Jika jawaban kamu adalah gambar keluarga 1, kamu mungkin bukan orang yang berorientasi kepada keluarga yang sebenarnya. Tapi kamu memperlakukan teman sebagai keluarga kamu yang sebenarnya, dan dengan membantu mereka, itu membuat kamu bahagia.

Kamu selalu berusaha memberikan kebaikan untuk kehidupan semua orang. Mungkin kamu tumbuh tanpa figur kuat seorang ayah, itulah sebabnya kamu berusaha melakukan yang terbaik untuk orang-orang yang membutuhkan dirimu, seperti halnya sosok ibu mu.

Keluarga ini mungkin bukan yang paling bahagia, tetapi mereka masih merupakan keluarga yang sejati. Sang ibu jelas merawat anaknya, memegang tangannya dan melindunginya namun sang ayah adalah sosok yang tidak peduli.

Kamu tidak ingin orang lain tumbuh seperti halnya dirimu. Itulah sebabnya kamu memilih gambar keluarga 1 ini yang bukan keluarga.

Gambar keluarga 2

Jika jawaban kamu adalah gambar keluarga 2, itu berarti kamu adalah orang sangat berorientasi pada keluarga. Tidak ada yang lebih penting bagi mu selain keluarga mu sendiri. Kamu percaya dalam membangun hubungan yang stabil dan langgeng adalah dengan berdasarkan kepercayaan dan juga komitmen.

Kamu mengutamakan kebutuhan keluarga, yang kadang-kadang bahkan mengabaikan kebutuhan dirimu sendiri sendiri jika itu berarti kamu dapat membuat orang yang kamu cintai merasa bahagia.

Kamu mungkin menyadari bahwa gambar keluarga 2 ini tidak benar-benar terlihat seperti keluarga. Dalam gambar terlihat sosok orang dewasa yang tidak memperhatikan anak itu, dan anak itu juga tidak berusaha memegang tangan mereka, mereka mungkin sekelompok orang asing yang berjalan bersama.

Menjadi orang yang benar-benar menyayangi keluarga, kamu dapat langsung mengenali bahwa gambar ini bukanlah sebuah keluarga.

Gambar Keluarga 3

Jika jawaban mu adalah gambar keluarga 3, mungkin kamu berasal dari keluarga yang kurang harmonis. Karena masa kecil yang traumatis, kamu sulit mempercayai orang lain.

Kamu sering merasa cemas, dan sulit untuk berinteraksi dengan orang lain. Terus-menerus merasa khawatir tentang masa depan, Kamu cenderung terlalu banyak berpikir.

Sosok dalam gambar terlihat seperti keluarga yang penuh kasih dan bahagia. Mereka adalah keluarga sebenarnya. Sosok orang tua dalam gambar terlihat harmonis, dengan posisi hampir berpelukan sambil berjalan, dan sang ayah memegang tangan anaknya.

Tumbuh dalam keluarga yang tidak harmonis telah membentuk pandangan mu dengan cara berbeda dan membuat dirimu malah curiga terhadap hubungan yang sehat. Kamu merasa tidak percaya bahwa hal seperti itu benar-benar ada, itulah sebabnya kamu jadi memilih gambar keluarga ini yang bukanlah keluarga.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini