nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Cara Bersikap Tegas Tanpa Melukai Perasaan Orang Lain

Nikmatul Nurul Aeni, Jurnalis · Rabu 02 Oktober 2019 15:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 02 196 2111967 5-cara-bersikap-tegas-tanpa-melukai-perasaan-orang-lain-ObztMXPuuK.jpg Cara bersikap tegas tanpa melukai perasaan orang lain (Foto: Gemini man secrets)

ADA saja orang yang selalu memandang kita sebelah mata. Bahkan beranggapan tidak layak untuk dihormati. Salah satu cara untuk menghadapinya adalah bersikap tegas.

Tahukah Anda, jika memiliki sikap tegas secara tidak langsung maka orang lain bisa menghargai apa yang sudah kita lakukan. Namun harus dengan cara halus yakni tidak melukai perasaan orang lain. Bagaimana caranya? Berikut pemaparan selengkapnya, seperti dikutip Yourtango, Rabu (2/10/2019).

 Tegas

1. Jelaskan

Bertindak tegas kepada diri sendiri adalah tindakan yang membuat posisi Anda jelas bagi orang lain. Jika Anda ingin didengar dan dipahami, sehingga tidak ada yang berpikiran bahwa mereka tahu atau mengerti apa yang ingin dibicarakan.

Maka, untuk menegaskan diri Anda secara positif, maka mulailah berkomitmen untuk berbicara terhadap diri sendiri. Berhati-hatilah dan selalu berpikir jernih tentang tujuan yang ingin diutarakan. Jika Anda berbagi kebutuhan dan batasan, lalu mengharapkan pertanyaan atau menahan dari pihak lain.

Maka cukup dengarkan, jika kamu mendengarkan mereka bukan berarti Anda harus mengabaikan batasan. Jika itu semua tidak berhasil, maka lakukanlah komunikasi yang hanya menekankan pandangan dan kebutuhan Anda sendiri. Klik halaman selanjutnya untuk dapat bersikap tegas tanpa melukai perasaan orang lain.

2. Jaga komunikasi

Jika Anda ingin mempertahankan hubungan relasi. Maka, jalinlah komunikasi yang membuat upaya untuk menyatakan diri sendiri dan fokuslah untuk saat ini. Bersikap tenang, santai, dan berbicara dengan nada halus untuk terhubung dengan baik.

 Pasangan

3. Kurangi mengeluh

Menjadi pemecah masalah daripada sekedar mengeluh adalah cara yang paling efektif untuk mencapai rasa hormat. Lakukanlah penyelesaian untuk konflik atau masalah yang ingin Anda atasi. Anda harus melihat orang-orang yang mungkin telah memutuskan hubungan sebagai teman. Maka lakukanlah dengan tegas tanpa memelas atau bermusuhan.

4. Berani bukan menggertak

Tujuan Anda adalah untuk menghormati diri sendiri dan keinginan untuk memiliki kepribadian yang perlu dihormati. Penghargaan adalah kunci hubungan yang sehat. Maka cukup dengan bicara dan sampaikan kekhawatiran sesuai kebutuhan, kapan pun merasa harus melakukannya. Maka biarkan orang lain tahu bahwa Anda akan mendengarkan mereka juga.

5. Berlatih

Lihatlah bahasa tubuh Anda didepan cermin atau dengan orang-orang terkasih dan terpercaya. Rekam diri sendiri untuk melihat bagaimana orang lain memandang Anda. Bersikap tegas keterampilan yang membutuhkan waktu dan pengulangan untuk menjadi nyaman. Sehingga pada waktu yang tepat, Anda akan mendapatkan lebih banyak kepercayaan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini