nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tanda Operasi Caesar Sudah Sembuh, Bukan Sekedar Kering

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 02 Oktober 2019 16:46 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 02 481 2112038 tanda-operasi-caesar-sudah-sembuh-bukan-sekedar-kering-LRhqvgWROV.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

Proses persalinan bisa dilakukan dengan dua cara, normal dan operasi caesar. Pilihan kedua diberikan ketika kondisi ibu atau bayi di dalam kandungan tidak memungkinkan dilahirkan secara normal. Alasan kebanyakan ibu melahirkan secara caesar ialah air ketuban sudah pecah di dalam, bayi terlilit tali pusar, atau kondisi ibu yang sangat lemah.

Menjadi masalah berikutnya ialah si ibu harus 'merawat' luka sayatan di perutnya karena tindakan operasi caesar. Bukan perkara mudah, karena ketika si ibu salah dalam menjaga luka bekas operasi caesar, yang bakal terjadi ialah pembusukan luka.

Di masyarakat Indonesia, ada beberapa saran yang biasanya diajukan ke ibu pasca operasi caesar. Salah satunya adalah penggunaan 'obat China'. Obat ini menjanjikan proses pengeringan bekas luka lebih cepat.

Padahal, kalau dilihat dari sudut pandang medis, penggunaan 'obat China' ini dinilai kurang tepat. Sebab, jika kadar obat terlalu tinggi untuk tubuh si ibu, maka celaka yang akan terjadi.

Ibu lahiran

Selain masalah proses pengeringan bekas jahitan operasi caesar, si ibu juga dihadapkan pada masalah tanda bekas jahitan. Mengenali tanda ini sudah sembuh bukan perkara mudah, karena ketika penilaian keliru, maka proses penyembuhan akan berjalan lebih lama lagi.

Dilansir Okezone dari Live Science, rasa pegal di area perut dan kulit biasa muncul usai ibu melahirkan caesar. Karena kondisi tersebut, ibu akan diberi obat penghilang rasa sakit yang biasanya dikonsumsi selama 2 minggu sesudah tindakan. Beberapa bahkan mengalami rasa gatal di area sayatan.

Selanjutnya, dalam laman CPanty diterangkan, di beberapa kasus pasca operasi caesar, ibu akan mengalami pendarahan selama 4 hingga 6 minggu. Dengan adanya risiko ini, sangat tidak disarankan ibu melakukan hubungan seksual sampai tubuh benar-benar pulih. Selain dilarang melakukan hubungan intim, ibu juga diminta untuk tidak mengangkat beban terlalu berat.

Selain memperhatikan bagaimana luka di perut, tim medis juga akan memberitahu Anda bagaimana cara batuk dengan aman, karena biasanya, selepas caesar, ketika Anda batuk, sakitnya bukan main.

Lalu, tim medis juga akan mengajarkan Anda cara melakukan latihan untuk membantu memperluas dan membersihkan paru-paru.

Di hari berikutnya, Anda akan merasa ada keanehan yang terasa di usus. Tapi, kondisi demikian jangan dianggap menakutkan, karena itu memang reaksi normal yang dialami banyak ibu pasca melahirkan caesar.

Menjadi catatan di sini, perban yang menempel di bekas luka sayatan jangan Anda 'otak-atik' atau bahkan buka dengan paksa. Sebab, tindakan itu akan membuat luka menjadi bermasalah dan proses penyembuhan akan menjadi lebih lama.

Dalam beberapa referensi juga dijelaskan, biarkan perban lepas sendiri karena daya rekat sudah mulai berkurang dan itu menandakan luka sudah semakin kering.

ibu lahiran co cuit

Selain itu, dikatakan juga untuk jangan mengangkat barang yang bebannya lebih berat daripada bayi Anda. Jika Anda melakukan ini, maka risiko yang bakal terjadi ialah sayatan terbelah dan ini meningkatkan komplikasi berbahaya.

Catatan lainnya ialah saat mandi, jangan iseng memegang luka sayatan, bahkan menggosoknya. Biarkan air sabun melewati area luka atau lebih aman, jangan biarkan ada benda apa pun berinteraksi dengan luka.

Sementara itu, laman Health Line memberi gambaran betapa sulitnya si ibu melewati fase ini. Sebab, ibu tidak hanya berfokus pada luka sayatan operasi, tetapi dia sudah wajib memainkan peran sebagai ibu.

Jadi, bisa dikatakan Anda coba pulih dari luka pasca operasi caesar, tapi Anda harus siap menemani bayi Anda seharian penuh, bangun malam, atau membersihkan bekas ompolnya. Ya, layaknya ibu lainnya.

Meski begitu, istirahat yang maksimal adalah kunci dari durasi kesembuhan pasca operasi caesar. Beberapa orang menyarankan untuk tidurlah saat bayi Anda tidur. Karena hanya di waktu itu Anda bisa tidur dengan nyenyak.

Bekas luka

Untuk meringankan rasa nyeri di lokasi luka, Anda diminta agar mengonsumsi obat penghilang rasa nyeri yang sesuai dengan kondisi tubuh. Jangan sampai obat yang Anda konsumsi malah memberi dampak buruk, baik pada tubuh maupun si bayi. Cara lain yang bisa dilakukan adalah sering mengompres area di sekitar luka dengan air hangat.

Dukungan suami dan keluarga tentu akan berguna untuk si ibu. Bagaimana pun istirahat total dan memperhatikan luka bekas operasi menjadi hal yang tak boleh diabaikan, begitu juga perannya sebagai ibu yang tetap harus dilakukan. Adanya dukungan akan memberi semangat dan ini bisa menjadi obat yang ampuh.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini