nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Kulit, Rambut dan Kuku

Santi Siera, Jurnalis · Rabu 02 Oktober 2019 16:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 02 611 2111979 5-kebiasaan-ini-bisa-merusak-kulit-rambut-dan-kuku-lq79NhwmgH.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PADA dasarnya, setiap orang pria maupun wanita ingin selalu terlihat menarik. Namun, 5 kebiasaan ini bisa merusak kulit, rambut dan kuku hingga kamu pun jadi terlihat lebih tua atau ageing.

Banyak di antara kita yang masih belum menyadari bahwa beberapa kebiasaan bisa membuat kulit, rambut dan kuku jadi rusak. Padahal, bila kulit tidak dirawat dengan baik dan benar, maka akan dengan cepat penampilanmu jadi terlihat lebih tua ketimbang usia sebenarnya.

Iiih... enggak mau kan penampilanmu dibilang terlihat lebih tua? Begitu pula dengan rambut dan kuku. Semua bagian tubuhmu ini perlu dirawat. Maka, simak penjelasan dr. Livia Veronica tentang 5 kebiasaan yang sering kita lakukan dan sebenarnya bisa merusak kulit, rambut dan kuku.


1. Lalai memakai krim tabir surya yang mengandung SPF dan PA ++

Banyak di antara kita yang sudah rutin pakai pelembap atau moisturizer. Tapi, masih banyak di antara kita yang belum menambahkan pemakaian krim tabir surya yang mengandung SPF (Sun Protection Factor) dan PA ++.

SPF ini berfungsi melindungi kulit dari terpaan sinar matahari yang menyengat, terutama yang mengandung UVB, bisa membuat kulit terbakar kemerahan. Sedangkan PA++ melindungi kulit dari sinar matahari yang mengandung UVA karena bisa menyebabkan penuaan pada kulit: mempercepat keriput, muncul flek-flek hitam.


2. Stress dan diet terlalu ketat

Kehidupan di perkotaan yang serba kompleks dapat memicu stress pada beberapa orang. Stress yang kelewat tinggi, memicu munculnya garis kerut di dahi jadi lebih dalam, lho!

Sedangkan kebiasaan diet terlalu ketat, dapat membuat penampilan kita jadi terlihat lebih tua. Ini lantaran tubuh tidak mendapat asupan nutrisi yang cukup untuk didistribusikan ke sel-sel kulit, akibatnya kulit jadi kering dan keriput.

3. Menggigit-gigit kuku

Banyak di antara kita yang punya kebiasaan buruk yaitu menggigit-gigit ujung kuku. Akibatnya kuku jadi terlihat sangat pendek, dan tidak sehat, karena mudah patah. Kuku yang sehat mestinya tidak mudah patah, berwarna merah muda dan terlihat panjang terawat.

4. Malas hapus kuteks

Beberapa perempuan sangat senang mewarnai kuku dengan pakai kuteks bermacam warna. Sayangnya, banyak perempuan yang merasa sayang atau malas menghapus kuteks di kuku. Kebiasaan ini bisa membuat kuku jadi kurang sehat, mudah patah dan berwarna kekuningan.

5. Sering mewarnai rambut

Mewarnai rambut memang keren. Namun jangan malas untuk melakukan perawatan khusus setelah mewarnai rambut, misal rutin pakai hair mask atau conditioner agar kelembapan rambut terjaga. Rambut yang kering bisa memicu problem rambut rontok atau penipisan rambut. Dan problem penipisan rambut bisa membuat penampilanmu jadi terlihat lebih tua.

Nah, selain perawatan rutin pada kulit, rambut dan kuku, dr. Livia menambahkan mengonsumsi suplemen khusus untuk menjaga kesehatan kulit, rambut dan kuku bisa membantumu mempertahankan penampilan awet muda.

“Suplemen Perfectil dibuat dari bahan-bahan alami dan 25 nutrients yang telah diuji lewat riset ketat di laboratorium Vitabiotics, Inggris selama belasan tahun. Grape seed extract, betacarotene, Vitamin C dan E, Vitamin B Kompleks dan Mineral sangat dibutuhkan tubuh sebagai antioksidan alami dan juga mampu melindungi kulit,” tambah Rohit, Direktur Utama Vitabiotics Indonesia kepada Okezone.

Selain itu, tentu saja untuk mempertahankan penampilan tetap awet muda, kamu juga harus memiliki gaya hidup sehat yang berkesinambungan. Mulai sekarang anutlah gaya hidup sehat ini: stop merokok, cukup istirahat, rutin berolahraga dan hindari stress. Dijamin, hidupmu jadi lebih berkualitas dan sebagai bonusnya penampilan jadi tetap awet muda!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini