nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Cuma di Jawa, Ini 9 Tempat Berburu Batik

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 03 Oktober 2019 09:40 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 03 406 2112280 tak-cuma-di-jawa-ini-9-tempat-berburu-batik-TL2vRJ0yM8.jpg Batik. (Foto: Okezone)

INDONESIA memiliki berbagai daerah yang terkenal akan batiknya. Tentunya setiap daerah memiliki warna dan corak berbeda yang menunjukkan identitas masing-masing. Tak hanya di Pulau Jawa, beberapa daerah lain juga terkenal akan batiknya.

Merangkum dari berbagai sumber, Okezone akan membagikan beberapa daerah yang terkenal akan batiknya. Jangan lupa ya untuk membeli batik jika mengunjungi beberapa tempat di bawah ini.

1. Solo

Surakarta atau yang biasa disebut Solo memang daerah yang terkenal akan batiknya. Anda bisa mengunjungi Pasar Klewer untuk menemukan aneka batik sesuai dengan bujet yang dimiliki.

Anda juga bisa belajar mengenai sejarah batik dan melihat koleksi batik Solo di Kampoeng Laweyan. Di tempat ini Anda bisa diajari caranya membatik langsung menggunakan canting oleh para pengurus paguyuban Batik Laweyan.

 caranya membatik langsung menggunakan canting oleh para pengurus paguyuban Batik Laweyan.

2. Pekalongan

Pekalongan juga memiliki batik yang tidak kalah bagusnya dengan Solo. Anda bisa mengunjungi Kampung Wisata Batik Kauman untuk melihat koleksi batik khas Pekalongan. Batik yang ada di sini memiliki desain modern dengan warna cerah sehingga banyak disukai masyarakat.

3. Yogyakarta

Jika berkunjung ke Yogyakarta pastikan Anda melihat koleksi batik yang dijual di Pasar Beringharjo. Tempat ini menjual batik dengan harga yang murah dan aneka kerajinan tangan lainnya seperti gelang, topeng dan masih banyak lainnya. Syarat utama bila berkunjung ke tempat ini haruslah pandai dalam menawar.

4. Cirebon

Cirebon juga memiliki kampung batik bernama Trusmi. Letak Kampung Batik Trusmi berada di Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon. Anda bisa memilih batik mulai dari puluhan ribu hingga jutaan. Motif batik khas di tempat ini adalah Mega Mendung berupa awan yang memiliki makna kesuburan.

5. Jakarta

Jakarta ternyata memiliki kampung batik lho. Letaknya berada di Jalan Palbatu, Saharjo, Tebet, Jakarta Selatan. Kampung Batik Palbatu ini sudah ada sejak 2013 di tempat ini Anda bisa melihat aneka koleksi batik yang dijual. Anda yang penasaran juga bisa belajar membatik di tempat ini.

Anda bisa melihat aneka koleksi batik yang dijual. Anda yang penasaran juga bisa belajar membatik di tempat ini.

6. Papua

Ketenaran batik ternyata menyebar hingga ujung paling timur Indonesia. Ya, di Papua terdapat pusat batik yang bernama Toko Aneka Batik Papua. Tak hanya aneka batik, berbagai macam kerajinan tangan sekaligus koteka yang menjadi ciri khas masyarakat Papua bisa ditemukan di tempat ini.

Toko Aneka Batik Papua ini terletak di Jalan Sam Ratulangi 89 Kampung Baru. Posisinya tak jauh dari Bandara Dominique Edward Osok di Sorong.

7. Kudus

Kudus juga memiliki pusat batik tersendiri bernama Kampung Langgar Dalem. Batik di tempat ini memiliki ciri khas yang berbeda dengan batik lainnya. Yang sangat terlihat jelas adalah pilihan warnanya yang didominasi sogan tembelekan dan cokelat kehijauan.

8. Sidoarjo

Kampung Batik Tulis Jetis Sidoarjo bisa menjadi tempat belanja batik selanjutnya. Sesuai dengan namanya, kampung ini menjual aneka batik yang ditulis menggunakan canting dengan lilin yang dipanaskan.

9. Medan

Medan juga punya pusat kerajinan batik bernama Kampung Batik Tembung yang berada di Kota Medan, Sumatera Utara. Kampung yang menjadi pusat kerajinan batik sejak 2016 ini menggunakan canting sebagai alat membatiknya. Motif yang digunakan adalah motif khas Sumatera Utara yang penuh makna dan sejarah.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini