nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Apakah PAUD Penting Bagi Perkembangan Anak? Ini Hasil Penelitiannya

Heidy Safira, Jurnalis · Jum'at 04 Oktober 2019 10:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 04 196 2112774 apakah-paud-penting-bagi-pekembangan-anak-ini-hasil-penelitiannya-VO8VXsbfxP.jpg Ilustrasi. Foto: Okezone

PENDIDIKAN Anak Usia Dini (PAUD) merupakan jenjang pendidikan formal sebelum memasuki sekolah dasar (SD). Layanan pendidikan ini didirikan sebagai upaya pembinaan dini bagi anak berkategori balita.

Meski begitu, dalam penerapannya masih banyak orangtua yang bertanya apakah menyekolahkan anak sejak PAUD penting dan dapat mempengaruhi perkembangan si kecil pada masa akan datang?

Dilansir dari healthline, Jumat (4/10/19), penelitian baru dalam jurnal Child Development, menyatakan adalah penting, namun jika program PAUD itu sendiri berkualitas.

PAUD. Foto: Flying Star

Chicago School Readiness Project (CSRP) melakukan riset yang berlangsung 10 tahun dan meneliti 466 anak-anak dari beragam ras dan etnis. Para peneliti menyimpulkan bahwa aktivitas di PAUD bisa melatih perkembangan anak ke arah yang positif, dan berpengaruh positif juga saat nanti berada di lingkungan SD serta tingkatan sekolah selanjutnya.

Secara garis besar hasil penelitan itu yakni:

PAUD. Foto: Flying Star

Dampak dari layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Menurut Juru bicara American Academy of Pediatrics, P. Gail Williams yang juga seorang dokter perkembangan perilaku anak, PAUD memiliki banyak manfaat, salah satunya membantu anak-anak belajar bagaimana bersosialisasi dengan anak-anak lainnya di luar sana. Mulai dari cara bergaul, memberi dan menerima, itu merupakan hal penting bagi pertumbuhannya.

Memudahkan Anak ketika Mengikuti Pelajaran SD

Penelitian juga menunjukkan dampak PAUD bisa sangat berpengaruh besar untuk anak-anak yang mungkin memiliki kesulitan dalam bidang pendidikan yang akan datang seperti sekolah dasar. Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), kemiskinan, ras, dan trauma dapat berpengaruh pada prestasi pendidikan anak. Untuk mengatasi dan mencegah pengaruh tersebut dimulai dengan menyediakan program pendidikan dini yang berkualitas.

Memilih PAUD yang Tepat untuk Anak

Agar anak-anak dapat merasakan manfaat dari PAUD, para guru dianjurkan terlatih dalam memberikan pendidikan bagi anak usia dini. Sebagai orangtua juga harus teliti memilih PAUD yang berkualitas, sehingga tahu perkembangan anak dengan baik. 

Temukan Program PAUD yang Baik dan Sesuaikan dengan Biaya

Kebanyakan orangtua mungkin mengakui PAUD sangat bermanfaat untuk anak, namun tidak semua keluarga dapat mengakses layanan pendidikan ini karena terkendala biaya yang mahal. Maka dari itu sebaiknya cari program yang pas dengan perkembangan anak dan yang diinginkan orangtua, lalu kemudian sesuaikan biayanya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini