Mengulik Sejarah Umami, Rasa Kelima dan Perkembangannya Menjadi Bumbu MSG

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 04 Oktober 2019 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 04 298 2112753 mengulik-sejarah-umami-rasa-kelima-dan-perkembangannya-menjadi-bumbu-msg-RMyiVudisf.jpg Rumput laut (Foto: BBCgoodfood)

Manusia dianugerahi panca indera yang dapat mengidentifikasi berbagai rasa pada makanan maupun minuman. Hingga saat ini sudah ada 5 rasa dasar yang familier di lidah kita antara lain, manis, asin, asam, pahit, dan gurih.

Namun tahukah Anda bahwa rasa gurih atau yang dikenal dengan istilah umami ini pertama kali ditemukan oleh seorang profesor asal Jepang?

 

Sejarah Umami

Adalah Dr. Kikunae Ikeda, Professor dari Universitas Tokyo inilah yang memperoleh paten untuk memproduksi Monosodium Glutamate (MSG) sebagai bumbu rasa umami (gurih). Perjalanan Ikeda dalam menemukan rasa kelima ini terbilang menarik.

Hal tersebut bermula ketika pada suatu waktu Kikunae Ikeda mencicipi olahan tahu rebus. Ia mengaku terkesima saat merasakan sensasi rasa unik yang sulit untuk dijelaskan.

 Makanan

(Foto: SBS)

Padahal, olahan tahu rebus yang disantapnya dimasak tanpa tambahan bumbu apapun. Hanya ada dua lembar rumput laut yang disajikan bersama hidangan itu.

Dibekali rasa ingin tahu yang tinggi, Ikeda mencurahkan waktu, pikiran, dan tenaganya untuk melakukan penelitian lebih lanjut. Umami sebetulnya telah dikenal sejak 2.000 tahun silam tapi baru terindentifikasi melalui tangan dingin Ikeda.

Tepat pada tahun 1908, ia berhasil menemukan rasa umami dari ekstrak rumput laut Jepang atau kombu.

 Sejarah umami

(Foto: Dimas Andhika Fikri/Okezone)

Empat tahun berselang, Ikeda melakukan presentasi tentang definisi rasa umami di The 8th International Congress of Applied Chemistry, Washington-USA. Ia menggambarkan dengan sangat baik karakter rasa umami yang kini kita kenal dengan sebutan 'gurih'.

"Mereka yang secara teliti memerhatikan kemampuan indera perasanya akan menemukan sensasi rasa yang kompleks pada asparagus, tomat, keju, dan daging. Rasa kompleks ini tidak bisa dimasukkan dalam kategori manis, asam, asin, atau pahit," terang Ikeda.

Setelah melalui proses yang panjang, pada 1985, rasa umami akhirnya diakui oleh kalangan ilmiah dunia sebagai "Rasa Dasar ke-5".

Informasi seputar MSG

Bicara soal umami tidak terlepas dari Monosodium Glutamate (MSG). Pasalnya, saat Ikeda menemukan rasa umami pada 1908, hasil penelitiannya itu berhasil menarik perhatian Saburosuke Suzuke II yang berinisiatif untuk mengkomersilkan cita rasa tersebut.

Berkolaborasi dengan Ikeda, ia akhirnya meluncurkan bumbu umami atau produk MSG pertama dengan merek AJI-NO-MOTO. Bumbu ini pertama kali dijual secara umum pada 20 Mei 1909.

Sejarah umami

 (Foto: Dimas Andhika Fikri/Okezone)

Meski sempat menuai pro dan kontra, MSG kini tidak hanya dipasarkan di kawasan Asia saja, namun sudah merambah ke negara-negara barat. Bahkan, produk yang kini sering disebut dengan istilah ‘micin’ itu juga diklaim memainkan peran penting dalam meningkatkan nafsu makan para pasien yang sedang menjalani perawatan intensif. Penelitian ini telah dibuktikan oleh salah satu rumah sakit di Jepang.

Untuk mengurangi kesalahan informasi seputar MSG, Ajinomoto Indonesia meluncurkan sebuah Visitor Centre yang dilengkapi dengan sejumlah fasilitas-fasilitas canggih.

"Tempat ini merupakan fasilitas tur yang dipersenbahkan kepada masyarakat umum untuk mengungkap rahasia dapur kami yang bertajuk 'Recipe of Deliciousness'," terang Samsul Bakhti selaku Direktur Ajinomoto Indonesia, di Karawang, Jawa Barat, Kamis, 3 Oktober 2019.

Setidaknya ada tiga zona yang bisa disambangi para pengunjung. Dimulai dari teater "Eat Well Live Well" dan Teater Umami.

Di zona ini terdapat tampilan audio visual mengenai penjelasan cikal bakal Dr. Kikunae Ikeda menemukan umami di Jepang pada 1908, hingga berhasil dikomersilkan menjadi bumbu MSG setelah bekerjasama dengan Saburosuke Suzuki.

Berlanjut ke zona kedua, pengunjung dapat melihat bagaimana proses produksi bumbu MSG melalui fasilitas 3D Projection Mapping.

 Sejarah umami

(Foto: Dimas Andhika Fikri/Okezone)

Terakhir di zona ketiga, pengunjung akan dihibur oleh sejumlah games interaktif tentang gizi seimbang, serta informasi-informasi menarik lainnya seputar MSG. Ada inspirasi 100 resep masakan lezat dan bergizi juga lho, Okezoners!

"Dengan beragam fasilitas terbaru ini, kami menyambut masyarakat umum untuk mengetahui lebih dalam tentang produk kami di Pabrik Karawang," tutupnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini