nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Tips Makan Puas di Resto All You Can Eat biar Enggak Rugi!

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 05 Oktober 2019 17:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 04 298 2112960 6-tips-makan-puas-di-resto-all-you-can-eat-biar-enggak-rugi-vVfAdKb7L6.jpg Tips makan di resto all you can eat (Foto: Snopes)

BERSANTAP di restoran all you can eat (AYCE) memang sangat menyenangkan dan membuat semangat. Begitu banyak sajian menu makanan dan minuman hingga buah-buahan lezat yang siap disantap.

Tapi tahukah Anda, bersantap di restoran tipe all you can eat alias buffet perlu strategi tersendiri? Sayang kan kalau hanya mencoba sedikit jenis hidangan hanya karena sudah kekenyangan duluan, padahal harga yang harus dibayar tidaklah murah.

Nah, maka dari itu biar puas dan perut tetap aman saat makan di restoran all you can eat, ada baiknya untuk mengetahui dulu sederet tipsnya di bawah ini.

 All you can eat

1. Jangan datang dalam keadaan sangat lapar

Banyak orang yang salah kaprah, sengaja datang ke restoran AYCE dengan keadaan perut sangat lapar. Sengaja melewatkan sarapan dan makan siang agar bisa makan banyak dengan puas. Salah! Justru cara ini keliru loh, sebab jika perut sangat lapar akhirnya kita bisa terlalu kalap di awal. Akhirnya setelah makan satu sampai dua piring berisi karbohidrat dan protein, Anda sudah merasa sangat begah kekenyangan. Rugi kan?

2. Pilih waktu makan siang

Selain biasanya harga jam makan siang jauh lebih murah daripada jam makan malam. Makan di restoran all you can eat memang baiknya di waktu makan siang, sebab di waktu makan siang akan memberi tubuh Anda lebih banyak waktu untuk mencerna semua makanan.

3. Porsi kecil 

Jangan terlalu bernafsu mengambil semua makanan dalam porsi besar. Sebaliknya, cukup ambil dalam porsi kecil beberapa hidangan yang menarik selera. Tujuannya ialah sebagai sample, alias contoh. Sehingga kita bisa tentukan mana yang enak, mana yang rasanya biasa saja, mana yang tidak enak. Jadi di piring selanjutnya kita bisa mengambil hidangan yang sesuai dengan selera. Selain tentunya mencegah perut cepat terasa kenyang.

 All you can eat

4. Pilih makanan yang tidak biasa dimasak di rumah

Ya, dengan kata lain jangan pilih hidangan biasa. Baik itu yang biasa bisa dimasak sendiri di rumah, ataupun bisa dibeli dengan mudah di pinggir jalan. Pilihlah jenis-jenis hidangan yang kita tidak bisa atau tidak biasa masak di rumah. Kaviar, ikan salmon, sushi, ikan panggang saus jamur, hingga kue-kue sebagai dessert. Restoran AYCE adalah tempat sempurna untuk tahu jenis makanan terbaru dan mencicipi hidangan yang biasa tidak kita santap sehari-hari.

5. Berkeliling

Ini adalah strategi yang wajib dilakukan, sebelum menyendok makanan ada baiknya berkeliling dahulu dari hulu ke hilir, untuk melihat apa saja dan mengetahui yang dihidangkan oleh restoran tersebut. Sembari melihat-lihat menu, sekaligus kita bisa juga mensurvei apa saja menu-menu berharga mahal, dan menu-menu hidangan mana yang menjadi prioritas.

 All you can eat

6. Jangan lupa sayuran hijau

Kebanyakan orang biasanya melewatkan bagian salad, padahal dengan menyantap sayur-sayuran hijau tidak hanya membantu mengurangi resiko food coma tapi juga akan membantu pencernaan jadi lebih lancar. Selain sayur-sayuran hijau, bisa juga pilih frozen yoghurt beku atau buah-buahan segar untuk membantu melancarkan pencernaan. Demikian dihimpun berbagai sumber, Sabtu (5/10/2019).

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini