nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Yoga Tertawa Bisa Cegah Sakit Jantung, Ini Alasannya

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 04 Oktober 2019 12:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 04 481 2112801 mengenal-yoga-tertawa-apa-manfaat-lebihnya-AfgugWYThp.jpg Toga Tertawa. (Foto: Gasworks)

BAGI sebagian orang, yoga adalah jenis olahraga yang membosankan dan membuat ngantuk. Tapi tahukah Anda, sekarang ada yoga yang dinamakan yoga tertawa atau ‘Laughter Yoga’?

Laughter Yoga atau yang bisa diartikan sebagai yoga tertawa, adalaah olahraga yoga yang dirancang agar orang bisa tertawa tanpa alasan, dikombinasikan bersama teknik pernafasan sederhana ala yoga.

Ialah DR Madan Kataria, seorang dokter dari Mumbai, India selaku pendiri dari Laughter Yoga, sebuah gerakan yang sejak 1995, di sinilah orang-orang saling bertemu secara teratur hanya untuk tertawa. Sekarang, Laughter Yoga ini sudah tersebar di berbagai penjuru dunia.

Di Amerika saja, disebutkan sudah ada sekitar 200 klub. Mulai dari Atlanta, New York, Orlando, Florida, St. Louis, Tucson, hingga Arizona. Lantas, apa sih sebetulnya manfaat yang bisa didapat dari yoga tertawa alias Laughter Yoga, memadukan tertawa dengan teknik pernafasan yoga?

apa sih sebetulnya manfaat yang bisa didapat dari yoga tertawa alias Laughter Yoga

“Ketika kita mulai tertawa, chemistry Anda berubah, psikis Anda berubah. Peluang untuk merasakan kebahagiaan jadi lebih baik. Laughter Yoga intinya adalah mempersiapkan tubuh dan pikiran untuk kebahagiaan,” ungkap DR Madan, sebagaimana dikutip Yogajournal.

DR Madan menjelaskan, tertawa sebenarnya memiliki dua sumber. Pertama dari dari tubuh, satunya lagi datang pikiran. Orang dewasa cenderung tertawa dari pikiran, sedangkan anak-anak tertawa dari tubuh dan intensitasnya jauh lebih sering daripada orang dewasa.

Sementara itu, untuk kesehatan tubuh. Sebagaimana hasil studi dari William Fry, seorang psikiater di Universitas Stanford. William mendokumentasikan beberapa manfaat kesehatan dari yang ia sebut sebagai "tawa yang luar biasa."

Dalam serangkaian penelitian, ditemukan bahwa tawa meningkatkan sirkulasi dalam tubuh, merangsang sistem kekebalan tubuh, melatih otot, dan bahkan memperkuat otak.

Ditambah lagi, peneliti lain telah menemukan bahwa tertawa juga bermanfaat untuk mengurangi hormon stres dan bahkan dapat membantu mencegah penyakit jantung. Memang, yoga merupakan salah satu jenis olah raga yang dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh.

yoga merupakan salah satu jenis olah raga yang dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Praktisi Yoga sekaligus Selebriti Anjasmara pernah mengatakan, beberapa gerakan yoga bermanfaat untuk melancarkan aliran darah, terutama ke bagian wajah. Darah menjadi lebih cepat untuk membawa oksigen dan nutrisi.

Akibatnya, wanita yang rutin melakukan yoga tubuhnya dapat melawan radikal bebas penyebab penuaan, mempercepat regenerasi sel kulit, dan membuat wajahnya segar dan bercahaya. Tidak heran, wanita yang rutin melakukan yoga tampak awet muda.

Di samping untuk mendukung kecantikan, seorang wanita sangat gampang alami stres. Tahukah Anda, dengan yoga juga membuat seseorang jadi merasa bahagia dan diberi ketenangan.

Dijelaskan Anjasmara, wanita yang rutin beryoga akan lebih mudah kelola stres. Apalagi bagi wanita yang punya aktivitas padat, tingkat stres semakin tinggi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini