nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kapan Waktu yang Tepat untuk Bercinta Lagi Usai Keguguran?

Tiara Putri, Jurnalis · Sabtu 05 Oktober 2019 00:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 04 485 2113108 kapan-waktu-yang-tepat-untuk-bercinta-lagi-usai-keguguran-kggqdEE3PK.jpg Ilustrasi pasutri (Foto : Womansday)

Keguguran adalah peristiwa memilukan bagi pasangan suami istri. Terlebih bila mereka sudah sangat menantikan kehadiran buah hati. Namun beberapa pasangan ada yang memilih untuk move on dan segera melakukan program kehamilan baru. Tapi sebenarnya, kapan waktu yang tepat untuk berhubungan seks pasca keguguran?

Melansir New York Times, Sabtu (5/10/2019), ini adalah pertanyaan umum di kalangan perempuan usia subur. Sebab 20 persen kehamilan dapat berakibat keguguran dan sekira 1 dari 100 kehamilan pada saat lahir bayi mati.

Menurut dokter, tidak ada waktu pasti untuk melakukan hubungan seks kembali setelah keguguran. Satu hal yang penting, pasangan harus menunggu sampai merasa siap yang bergantung dengan faktor fisik dan emosional.

pasutri modus

"Dari perspektif medis dan praktis, hal utama adalah memastikan bahwa kehamilan telah berlalu sepenuhnya, leher rahim telah tertutup, dan tidak ada peningkatan risiko menyebabkan infeksi di rahim," jelas Zev Williams, MD, Ph .D. selaku kepala divisi endokrinologi reproduksi dan infertilitas di Columbia University Irving Medical Center.

"Waktu untuk berhubungan seksual (usai keguguran) tergantung pada seberapa jauh kehamilan pada saat kehilangan dan seberapa cepat tubuh wanita pulih. Kesiapan romantis pasangan adalah pertanyaan lain," tegas Zev.

Sementara itu, hambatan emosional adalah faktor besar dalam berhubungan seksual. Perempuan mungkin merasa enggan terlibat dalam keintiman seksual sambil masih meratapi kehilangan mereka. Keguguran juga dapat mengubah hubungan perempuan dengan tubuhnya dan apa yang ditunjukkan oleh seks pada pasangan mungkin berubah.

pasutri berantem

“Tidak ada pedoman yang berkaitan dengan memberi tahu pasien kapan harus berhubungan seks kembali setelah keguguran. Secara rutin, kami tidak membahas seks setelah kehilangan kecuali pasien bisa mengatasinya,” kata Jessica Schneider, MD, ob-gun di Cedars Sinai Medical Center di Los Angeles.

"Ada penelitian tentang seberapa aman untuk hamil lagi setelah kehilangan, tetapi tidak tentang fungsi atau kepuasan seksual. Faktanya, fungsi dan kepuasan seksual dapat berubah," tambahnya Jessica.

Mencoba hamil lagi setelah keguguran adalah topik sensitif secara medis dan emosional. WHO menyarankan pasangan menunggu enam bulan sebelum mencoba kehamilan lain.

pasutri bingung

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa berhubungan seks lebih cepat tidak memiliki efek negatif pada kehamilan di masa depan dan benar-benar dapat membantu tingkat keberhasilan. Pada intinya, memiliki dan menikmati seks kembali sebenarnya tergantung dengan kesiapan pribadi. Tidak masalah merasakan kesedihan dan hasrat seksual secara bersamaan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini