nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Curhat Dita Soedarjo Bantu PSK Pensiun, Malah Ditipu dan Difitnah

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 04 Oktober 2019 21:43 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 04 612 2113104 curhat-dita-soedarjo-bantu-psk-pensiun-malah-ditipu-dan-difitnah-QeeDKmzzlb.jpg Dita Soedarjo. (Foto: Instagram)

NIAT membantu orang memang tidak selalu berakhir baik. Terkadang, niat baik membantu orang malah disalahgunakan oleh mereka yang tidak bertanggung jawab untuk kepentingan lain.

Inilah yang terjadi pada Dita Soedarjo. Sosialita cantik ini sering mendonasikan kekayaannya kepada orang-orang yang membutuhkan, termasuk kalangan Pekerja Seks Komersial (PSK). Jiwa sosial Dita Soedarjo besar karena didikan sang nenek.

"Saya dari kecil melakukan donasi, dari nenek. Saya jujur bilang ini, karena tidak sehebat yang kadang media pikir atau orang suka bilang. Murni suka donasi itu dari nenek saya," ucap Dita Soedarjo di sela acara Meet Up With Social Community di Kantor BPJS Kesehatan, Jakarta Pusat, Jumat (4/10/2019).

 tapi dia ingin meringankan beban ekonomi, dari kalangan keluarga atau orang-orang yang membutuhkan.

Dia mengaku, hampir separuh waktunya melakukan donasi untuk orang-orang yang membutuhkan. Bukan sekedar mencari popularitas semata, tapi dia ingin meringankan beban ekonomi, dari kalangan keluarga atau orang-orang yang membutuhkan.

"Pasti ada momen untuk donasi, sampai saya mikir kok kayak rutinitas. Tidak apa-apa, hitung-hitung ada untungnya ya," tuturnya.

Selama menjadi donatur untuk banyak kalangan, Dita Soedarjo pun berbagi suka dukanya. Dia sering dinilai buruk oleh sebagian kalangan. Tak terkecuali dari orang-orang yang menerima bantuannya, sering sekali menipu dan memfitnahnya. "Padahal kita niatnya baik, niat baik itu malah bikin kita difitnah," terangnya.

Saat berniat menolong orang, ungkap Dita, tak jarang dia malah dimanfaatkan. Sampai-sampai pernah merasa ditipu oleh para penerima donasi, padahal dari segi status ekonomi memang sangat kekurangan.

"Orang lain kalau ditolong banyak lho yang niat nipu. Karena inginnya mereka dikasihani terus, lama-lama kita capek juga, mereka dikit-dikit nipu," ungkapnya.

Karena inginnya mereka dikasihani terus, lama-lama kita capek juga, mereka dikit-dikit nipu

Pernah suatu ketika, Dita Soedarjo bersama rekan sosialitanya ingin membantu memperbaiki kehidupan PSK, agar mendapat pekerjaan yang halal. Dita Soedarjo malah dicurigai atau bahkan ditolak dengan ucapan tidak mengenakkan hati.

"Kasihan mereka kerjaannya tidak halal. Kita ingin bantu agar mereka bisa kerja di beauty klinik, spa, salon, dan lainnya," ucapnya

Meski begitu, Dita Soedarjo tetap ikhlas dan tak mengurungkan niat baiknya. Dia juga sama sekali tidak mengharapkan pamrih dari orang-orang yang ditolongnya.

"Kalau donasi itu harus hati-hati. Harusnya kalau mau donasi juga harus di tempat yang jelas, aman, dan sistemnya jelas. Soalnya banyak orang yang niat nipu di zaman sekarang," pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini