nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Harmonis Jalin Cinta Beda Usia Sangat Jauh, Bisa Sampai Kakek-Nenek Kok!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 05 Oktober 2019 16:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 05 196 2113254 tips-harmonis-jalin-cinta-beda-usia-sangat-jauh-bisa-sampai-kakek-nenek-kok-BCC5e25RQG.jpg Cinta beda usia bisa langgeng juga (Foto : Lovepanky)

Hubungan cinta beda usia sangat jauh rentan akan perceraian. Selain karena pola pikir yang terlampau berbeda, karakter yang tak begitu dekat setiap orang bisa menjadi masalah yang mengancam kelanggengan. Tapi, beberapa berhasil membuktikan cinta beda usia jauh itu baik-baik saja.

Perlu usaha ekstra memang agar bisa mendapatkan hubungan cinta yang langgeng. Salah satu yang paling penting dalam hubungan cinta beda usia adalah penerimaan dan juga kesadaran akan perbedaan di antara keduanya. Dengan memahami ini, setidaknya Anda sudah memperkokoh fondasi hubungan.

Dilansir Okezone dari Insider, memang tak bisa dipungkiri hubungan beda usia itu sulit. Hal ini dibenarkan Pakar Hubungan Rachel A. Sussman, dia menjelaskan pasangan beda usia selalu dihadapi masalah kesenjangan di antara mereka. Ini bisa dalam hal pemikiran atau juga keinginan.

"Mereka harus memiliki selera humor dan merasa nyaman mendiskusikan masalah. Saya juga berpikir itu bekerja dengan baik ketika pasangan yang lebih muda sangat dewasa dari usianya, dan pasangan yang lebih tua itu menyenangkan dan mungkin sedikit tidak dewasa," kata Sussman.

Sussman mengatakan, semakin banyak kesamaan pasangan, semakin besar kemungkinan mereka akan bertahan. "Tetapi ketika Anda melihat perbedaan usia 30 tahun atau lebih, itu adalah perbedaan generasi yang sangat besar, dan pasangan-pasangan itu mungkin bergumul dengan masalah-masalah tertentu yang akan sulit untuk ditembus," sambungnya.

Meski begitu, ada 7 rahasia dalam menjalani hubungan beda usia sangat ekstrem. Apa saja itu?

1. Sepakat untuk tidak sepakat

Cinta Beda

Anda mesti sadar, tidak semua pendapat dapat disetujui pasangan. Sepakat untuk tidak sepakat adalah cara terbaik untuk menciptakan hubungan cinta beda usia yang harmonis. Perselisihan tidak mungkin bisa ditolak, tapi ketika Anda bisa menerima pendapat orang lain dan menurunkan ego, itu akan jauh lebih baik.

2. Menerima ketidaksempurnaan dalam diri pasangan

Nasihat ini selalu didengar. Bagaimana pun tidak ada manusia yang sempurna dan ketika Anda bisa menerima kekurangan pasangan Anda, maka cinta di antara Anda tidak akan rusak. Terlebih hanya karena masalah kecil atau hal yang bersifat melekat pada diri pasangan Anda. Terima dia dan jadikan dia sebagai penyempurna hidup Anda!

Menerima saja

3. Berkompromi

Berikan peluang pada pasangan untuk 'tampil'. Ini lagi-lagi masalah ego diri sendiri. Kompromi memungkinkan Anda untuk mencari titik tengah dari dua argumen berbeda. Bukan berarti mengalah, tetapi lebih kepada mengambil jalan tengah. Bukankah ini jauh lebih baik?

4. Memberi waktu untuk diri sendiri

Ini yang sering dilupakan pasangan. Mereka sibuk membahagiakan pasangan sampai lupa untuk bahagiain diri sendiri. Ingat, saat Anda bisa bahagia dengan diri sendiri, maka Anda bisa menghargai kebahagian orang lain, termasuk pasangan Anda.

5. Selalu ada untuk pasangan semampu Anda

Ini terdengar klise, tapi ada untuk pasangan dianggap penting bagi sebagain orang. Ada untuk mendengar keluh kesah, ada saat diterpa masalah, pun ada saat dalam keterpurukan. Tapi, ingat juga kalau Anda tetap harus logis dalam bertindak, jangan kelewat 'selalu ada' jika akhirnya merugikan hal lain.

Selalu Ada

6. Fokus pada kesamaan, bukan perbedaan

Dengan perbedaan yang jelas di antara Anda dan pasangan, tentu ini menjadi hal yang bisa merusak seluruh hubungan cinta yang mungkin sudah dibangun sejak lama. Karena itu, ada baiknya Anda fokus pada kesamaan, bukan perbedaan. Ingat kembali, bagaimana Anda dan dia sama-sama satu visi demi melanjutkan hidup, atau siapa lagi yang bisa menerima Anda selain pasangan sekarang. Belum tentu orang lain bisa kan?

7. Melihat perbedaan usia sebagai keuntungan

Hal ini juga penting, terlebih ketika Anda dalam keterpurukan atau terdesak dengan sosial. Lihat sisi positif dari Anda berdua dan jadikan itu kekuatan yang menyatukan hubungan Anda kembali. Bagaimana pun, Anda dan pasangan yang tahu hal sebenarnya dan keuntungan itu yang diamini bukan cimiran orang lain.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini