nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

HUT ke-74 TNI, Ini 5 Jenis Bekal Makanan Tentara untuk Bertahan Hidup di Medan Perang

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 05 Oktober 2019 15:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 05 298 2113247 hut-ke-74-tni-ini-5-jenis-bekal-makanan-tentara-untuk-bertahan-hidup-di-medan-perang-Lv9FOmBmYA.jpg Bekal TNI untuk bertahan hidup di medan perang (Foto : Pinterest)

Setiap tanggal 5 Oktober ditandai sebagai HUT Tentara Nasional Indonesia (TNI). Tahun ini, masyarakat Indonesia merayakan HUT ke-74 TNI. 

Nah, untuk mengetahui lebih jauh seperti apa perjuangan para prajurit TNI dalam menegakkan dan mempertahankan NKRI, pada artikel kali ini Okezone akan membahas sedikit banyak tentang cara mereka bertahan hidup di medan perang. Salah satunya dengan membawa bekal makanan atau ransum.

Seperti apa isi ransum prajurit TNI? Berikut Okezone rangkumkan ulasan lengkapnya, seperti dikutip dari berbagai sumber, Sabtu (5/10/2019).

T2-ABC

Sekilas, kemasan ransum ini hampir menyerupai kaleng kornet. Beratnya sekitar 400 gram dan terdiri dari beberapa pilihan menu seperti nasi ikan, nasi tumis daging cincang, nasi ayam bakar, nasi daging cabai hijau, hingga nasi gudeg daging.

bekal TNI

(Foto : Pinterest)

Ransum tersebut diproduksi langsung oleh TNI dan masa kedaluwarsanya diprediksi hingga satu tahun. Teknik pengolahannya pun terbilang praktis. Para serdadu hanya perlu menghangat kaleng tersebut beberapa saat. Porsinya pun cukup besar, T2 dapat dikonsumsi oleh dua orang sekaligus.

TB-1

TB-1

Selanjutnya ada TB-1 yaitu, jenis ransum yang berisikan 12 keping biskui kering. Namun jangan salah, meski rasanya cenderung hambar, khasiat ransum ini terbilang efektif. Memakan satu keping biscuit di pagi hari saja dapat menimbulkan rasa kenyang hingga matahari terbenam.

T-2FD (Fild Doyed)

T-2FD

T-2FD adalah jenis ransum yang dikeringkan sehingga proses pengolahanya diseduh terlebih dahulu dengan air mendidih. Umumnya, menu ransum ini berupa 'nasi bantal', istilah yang sering digunakan oleh sebagian tentara. Cara penyeduhanya yakni, nasi yang berada di dalam plastik akan disiram air panas lalu ditutup selama kurang lebih 15 menit. Kemudian plastik akan menggelembung menyerupai bantal bayi yang menandakan hidangan tersebut telah matang.

FD-3

FD-3

FD-3 adalah salah satu jenis ransum berbentuk susu bubuk. Tapi jangan salah, ransum ini kerap dikonsumsi untuk memberikan asupan kalsium dan protein yang dibutuhkan para TNI.

T2-RP

T2-RP

T2-RP (Retord Pouch) merupakan ransum yang dikemas dua kali menggunakan aluminium foil dan plastik. Menunya hampir menyerupai T2-ABC dan siap dikonsumsi oleh satu orang per hari.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini