nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wisatawan Diajak Bersih-Bersih Laut di Nusa Penida

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 06 Oktober 2019 22:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 06 406 2113581 wisatawan-diajak-bersih-bersih-laut-di-nusa-penida-D8grEQJHuN.jpg Wisatawan bersih-bersih laut Nusa Penida (Foto: Instagram/@anom_lanky)

BUAT semua kalangan wisatawan, keindahan alam Nusa Penida memang tak terbantahkan. Demi menjaga kebersihan lautnya, para wisatawan juga diajak langsung melihat proses upacara menyucikan laut, sampai ikut bersih-bersih. 

The Blue Paradise Island merupakan kata yang tepat untuk menggambarkan Nusa Penida. Masyarakat setempat patut bersyukur atas kekayaan alam lautnya, juga degan ketersediaan sumber air yang berfungsi dengan baik.  

Lewat Nusa Penida Festival (NPF) 2019, masyarakat serta wisatawan diajak langsung membersihkan laut serta menyucikannya. Festival ini dihelat pada 5 hingga 8 Oktober 2019. 

Nusa Penida Festival

Festival ini dibuka dengan Upacara Mulang Pakelem, juga menampilkan Tari Rejang diikuti oleh 1000 penari. Tarian tersebut maknanya juga sakral yang menjadi salah satu ritual di dalamnya. 

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan, rangkaian Upacara Mualang Pakelem ini merupakan bagian dari visi misi pemerintah Bali. Lewat Nangun Sat Kerthi Loka Bali, salah satunya Segara atau Samudra Kertih. Artinya siapa saja harus menjaga kesucian serta keharmonisan alam Bali, khususnya laut. Klik halaman selanjutnnya untuk informasi festival Nusa Penida.

"Kegiatan ini merupakan permohonan atau bentuk syukur atas kekayaan alam laut yang melimpah," papar Suwirta lewat siaran pers yang diterima Okezone, Minggu (6/10/2019). 

Suwirta menambahkan, dari kegiatan festival tersebut, diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat lokal. Khususnya dari sektor pariwisata yang mendominasi saat ini. 

Wisata Nusa penida

"Saya juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu bersyukur dengan mengingat di saat kita ramai, jangan lupa sepi. Karena dulu asal muasal kita sepi," ucap Suwirta.

Walau keindahan alam lautnya sangat memikat, sayangnya akses menuju Nusa Penida selalu dikeluhkan masyarakat. Transportasi publik, juga akomodasi menuju pulau ini sangat jarang ditemukan. 

Nusa Penida

Dinas Pariwisata Kabupaten Klungkung l Nengah Sukasta berjanji akan terus memperbaiki sektor infrastruktur dan lainnya, demi kemajuan kawasan wisata Nusa Penida. Tapi hal itu diperlukan dorongan dari segala pihak manapun. 

"Saya rasa jika seluruh pihak dapat bekerja sama Nusa Penida akan menjadi destinasi wisata terbaik nantinya," pungkas Sukasta.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini