nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bermain Baik untuk Tumbuh Kembang Anak, Pastikan Sesuai Tahapan Usia

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 08 Oktober 2019 15:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 08 196 2114287 bermain-baik-untuk-tumbuh-kembang-anak-pastikan-sesuai-tahapan-usia-eC2nFGr5Ay.jpg Bermain bantu tumbuh kembang anak (Foto : Shutterstock)

Kehidupan seorang anak tak lepas dari kegiatan bermain. Sejak lahir setiap manusia sudah memiliki kemampuan untuk bermain. Ternyata bermain memiliki banyak dampak positif, salah satunya dalam mempengaruhi tumbuh kembang anak.

Ya bermain tidak melulu harus menggunakan mainan atau gadget. Orangtua bisa memanfaatkan apa saja untuk bermain dengan sang anak sesuai dengan tahapan usia mereka. Mulai dari gerakan paling sederhana hingga permainan tersulit untuk membantu tumbuh kembang anak.

Hal ini pun diungkapkan oleh Psikolog Anak, Alfa Restu Mardhika. Menurutnya banyak sekali hal yang bisa diperoleh untuk anak dengan bermain. Permainan bisa dimulai sejak anak masih bayi dengan menggunakan ekspreksi wajah yang dimiliki orangtuanya.

anak lucu main

“Bermain sang penting untuk tumbuh kembang anak. Bermain bisa mengembangkan keterampilan sosial dan tubuh yang nanti berefek pada inteligensi. Yang dibutuhkan dalam permainan adalah orangtua dan disesuaikan dengan tahapan usianya,” terang Alfa, dalam acara Cussons, Selasa (8/10/2019).

Lebih lanjut Alfa mengatakan bahwa prinsip utama dalam bermain anak adalah bebas. Dengan diberikan kebebasan, maka sang anak dapat menyesuaikan sendiri imajinasi dan kreativitas sesuai dengan apa yang ada dalam pikirannya.

anak main

“Perlu diingat prinsip utama dalam bermain adalah bebas. Biarkan anak bereksplorasi hingga muncul imajinasi dan kreativitas. Jangan pernah menjadi leading biar anak yang menentukan pilihan bermainnya,” lanjut Alfa.

Tentunya pola bermain orangtua dengan anak akan semakin berbeda mengikuti usia yang dimilikinya. Semakin dewasa anak tidak menganggap orangtua sebagai teman bermainnya, melainkan lebih kepada tempat bercerita dan menyampaikan keluh kesahnya.

Anak Bermain di luar

“Semakin besar cara bermain anak juga semakin berbeda. Semakin besar anak akan menganggap orangtua sebagai orang yang tepat untuk bercerita. Jadi Ada baiknya orangtua bermain dengan anak minimal 10 menit sehari tapi rutin,” tutupnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini