nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hilangkan Bopeng Bekas Jerawat dengan Bantuan Emas Murni 24 Karat

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 09 Oktober 2019 11:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 09 611 2114623 hilangkan-bopeng-bekas-jerawat-dengan-bantuan-emas-murni-24-karat-LpHRg2xYZQ.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

WALAU klasik, tidak bisa disangkal bahwa jerawat masih menjadi permasalahan kulit yang sering kali dikeluhkan banyak orang. Bukan hanya masalah jerawat aktif, tapi luka bekas jerawat yang mengganggu penampilan.

Luka bekas jerawat ini memang bisa membuat orang tidak pede, karena membuat kulit muka tampak kusam, kemerahan, sampai meninggalkan cekungan dalam di kulit wajah atau biasa disebut dengan istilah bopeng.

Hali kulit dr Shinta Damayanti, SpKK. menyebut bopeng tersebut adalah akibat jerawat yang tidak segera diatasi. Bekas luka ini pun merupakan bekas luka yang terlihat di wajah akibat proses peradangan pada jerawat.

"Luka bekas jerawat biasanya berupa lekukan dangkal di kulit seperti kawah, ada yang berukuran kecil sedang hingga cukup besar,” ungkap dr Shinta saat ditemui Okezone di kawasan Gandaria, Jakarta Selatan.

Bekas luka ini pun merupakan bekas luka yang terlihat di wajah akibat proses peradangan pada jerawat.

Adapun luka bekas jerawat, pada dasarnya adalah kondisi yang terjadi akibat kerusakan jaringan kulit dari masalah jerawat non-inflamasi maupun inflamasi setelah proses penyembuhan terjadi.

Luka bekas ini sendiri diketahui ada dua macam, yaitu parut atrofi yang terdiri dari ice pick scar, rolling scar dan boxcar serta parut hipertrofik dan keloid.

Sayangnya, sejauh ini belum ada produk skincare atau topikal untuk mengatasi luka bekas jerawat ini. Tapi dari segi tindakan medis, ternyata ada dua jenis treatment yang bisa dilakukan untuk memperbaiki tekstur kulit akibat bekas jerawat.

Pertama ada Auto Microneedle, perawatan yang mengombinasikan teknologi jarum-jarum halus (Auto Microneedle Therapy System) dan elektroporasi untuk memasukan serum secara efektif ke dalam lapisan bawah epidermis kulit. Metode ini dikenal sebagai terapi induksi kolagen. Serum dan kolagen inilah yang akan bekerja sama untuk menghaluskan kulit wajah.

Auto Microneedle pun lebih aman, karena risiko kerusakan epidermis lebih sedikit, lebih higienis, dan hasil yang lebih baik karena penetrasi serum yang lebih maksimal. Treatment kedua ada yang dinamakan, Microneedle RF Microneedle, yang menggunakan teknologi Radio Frequency (RF) paling mutakhir.

Serum dan kolagen inilah yang akan bekerja sama untuk menghaluskan kulit wajah.

Tindakan ini diaplikasikan ke pasien dengan menggunakan microneee berbalut emas murni 24 karat, untuk menghantarkan gelombang RF langsung kepada lapisan kulit paling dalam, bahkan bisa sampai kedalaman 3,5 milimeter.

Treatment jenis ini disebutkan lebih lanjut dapat membantu menciptakan kolagen dan elastin baru pada bagian kulit terdalam tanpa melukai bagian kulit yang dangkal. Sekaligus hasil klinis yang signifikan terlihat dan bersifat permanen, sekaligus difungsikan sebagai rejuvenate kulit.

“Microneedle RF ini bisa juga sebagai perawatan untuk proses rejuvenation kulit, jadi kulit wajah itu bukan cuma kenyal teksturnya tapi juga halus,” celoteh dr Shinta.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini