nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Kesalahan Penggunaan Makeup yang Bikin Wajah Tampak Tua

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 09 Oktober 2019 20:13 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 09 611 2114821 4-kesalahan-penggunaan-makeup-yang-bikin-wajah-tampak-tua-o6ReRVUzrv.jpg Kesalahan penggunaan makeup (Foto: Paris)

SEBAGAI besar perempuan menggunakan makeup untuk membuat wajahnya terlihat lebih muda. Akan tetapi yang terjadi malah bisa sebaliknya. Kesalahan penggunaan makeup dapat membuat wajah terlihat tua, entah itu produk maupun tekniknya. Apa sajakah kesalahan itu?

Melansir Mirror, Rabu (9/10/2019), ahli kulit Paul Banwell menerangkan kesalahan penggunaan makeup. Berikut ulasannya :

 Makeup

Terlalu banyak menggunakan makeup yang memiliki aroma

Mengenakan produk makeup berbasis minyak dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan berjerawat. Paul mengatakan, efek dari pori-pori yang tersumbat dapat diatasi dengan bantuan facial medis seperti facial fotogenik atau mikrodermabrasi. Penanganan lainnya adalah meningkatkan hidroksi asam untuk keseimbangan pH dan pengelupasan kimia.

Tapi masalah lain bisa muncul apabila makeup yang dikenakan memiliki aroma tertentu. Produk-produk yang menggunakan wewangian dan berbasis alkohol secara berlebihan dapat mengeringkan kulit. Pada akhirnya itu menyebabkan garis-garis dan kerutan dini. Oleh karenanya, sebisa mungkin hindari produk makeup yang mengandung wewangian dan kurangi produk makeup berbasis makeup. Pilihlah foundation berbentuk krim yang menghidrasi kulit.

Memakai alas bedak terlalu banyak

Foundation atau alas bedak adalah produk yang membantu menyempurnakan penggunaan makeup. Hanya saja penggunaan alas bedak terlalu banyak bisa menjadi salah satu penyebab penuaan. Menurut Paul, hindari alas bentuk berbentuk bubuk karena cenderung membentuk garis-garis halus kerutan. Untuk perlindungan, gunakan masker imunologis setiap minggu. Selain melembapkan dan mengurangi peradangan pada masalah kulit sensitif, produk tersebut dapat membuat makeup terlihat sempurna tanpa perlu menggunakan alas bedak.

Menggunakan kerutan

Menyamarkan kerutan dengan concealer

Banyak perempuan yang memanfaatkan concealer untuk menyamarkan kekurangan dan ketidaksempurnaan di wajah seperti lingkaran hitam di bawah mata, kerutan, flek hitam, atau jerawat. Tapi sebenarnya produk ini bisa menyebabkan garis-garis halus dan kerutan yang tidak diinginkan di wajah. Maka dari itu, Paul menyarankan agar concealer hanya diterapkan ke bagian bawah mata.

Lupa menghapus makeup

 Makeup

Kebiasaan ini sering kali dilakukan saat sudah lelah beraktivitas seharian. Kebanyakan perempuan memilih langsung tertidur daripada membersihkan wajahnya dari makeup. Padahal, tidur dengan makeup dapat menyebabkan kerusakan kolagen sehat. Akibatnya kulit mengalami penuaan dini. Oleh karenanya, selalu usahakan menghapus makeup sebelum tidur.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini