nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indonesia Fashion Week, Ivan Gunawan Kreasikan Busana Burung Rangkong khas Kalimantan

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 10 Oktober 2019 10:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 10 194 2115073 indonesia-fashion-week-ivan-gunawan-kreasikan-busana-burung-rangkong-khas-kalimantan-ieedSOXRdd.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

TIDAK hanya alamnya yang eksotis, aneka kerajinan tangan khas Kalimantan juga mempesona. Misalnya saja kain tenun Dayak, yang mulai dilirik desainer Tanah Air, sampai dibawa ke ajang fashion week kelas dunia.

Bahkan, di setiap provinsi Kalimantan ada banyak motif kain tenun yang ditawarkan. Mulai dari rumah adat Dayak, senjata, orang yang memakai pakaian tradisional, hingga flora dan fauna khas Kalimantan dituangkan menjadi motif yang indah.

Oleh karena itu, Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) mengangkat budaya khas Kalimantan dalam Indonesia Fashion Week (IFW) 2020. Adapun tema besarnya adalah “Tales of the Equator” Treasure of the Magnificent Borneo.

Presiden IFW Poppy Dharsono mengatakan, budaya khas Kalimantan tak pernah habis dikreasikan. Selalu ada saja hal baru di dunia fashion yang bisa memperkenalkan budaya suku Dayak, Kutai dan Banjar.

Indonesia Fashion Week 2020 Angkat Keragaman Budaya Kalimantan

"Borneo punya beragam industri craft yang bisa menghasilkan fashion. Dari tangan desainer bisa dibawa ke Paris, yang tentunya bisa meningkatkan ekonomi masyarakat daerah," ucap Poppy saat Press Conference IFW 2020 di Gunawarman, Jakarta Selatan, Rabu 9 Oktober 2019.

Poppy menambahkan, keindahan alam Kalimantan, serta budayanya bakal ditransformasikan dalam fashion show. Antara lain memamerkan busana ready to wear, conventional, kontemporer hingga modest fashion.

Ivan Gunawan, salah satu desainer terbaik Tanah Air, memperkenalkan outfit ready to wear khas Kalimantan. Uniknya, di tahun kelima bergabung IFW, dia membuat busana dari bahan baku kain daur ulang dan mudah terurai.

"Saya ingin kenalkan karya terbaru dari Asia Pacifick Rayon, saya buat busana dari viscose rayon, dari serutan kayu. Kalau bajunya sudah tidak terpakai, dibuang pasti langsung bisa terurai," ucap Igun.

Indonesia Fashion Week 2020 Angkat Keragaman Budaya Kalimantan

Desainer 37 tahun itu akan merealisasikan busana pret a porter, terdiri dari tiga set baju pria dan satu set baju wanita. Ivan Gunawan memilih outerwear, kemeja, celana jeans, serta blouse yang nyaman dipakai sehari-hari.

Dia pun menamai karyanya sebagai "Bird Of Happiness", karena mengangkat fauna burung rangkong khas Kalimantan. Perpaduan motif dan warna alamnya pasti menghasilkan busana yang eye catching.

"Walau mengambil tema Kalimantan, tapi look fashion ini bisa dipakai dalam kebutuhan sehari-hari dan up to date. Siapapun pasti cocok memakainya," pungkas Igun.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini