nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Cara Beri Dukungan untuk Perempuan yang Keguguran

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 11 Oktober 2019 19:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 11 196 2115866 5-cara-beri-dukungan-untuk-perempuan-yang-keguguran-OLDVzBw9I9.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Kehilangan janin dalam kandungan alias keguguran tentu menjadi hal yang memilukan bagi pasangan suami istri. Tak hanya hati ibu, perasaan ayah juga bisa terluka. Namun yang paling hancur bisa jadi ibu karena merasa gagal menjaga janin dalam kandungannya.

Saat seorang ibu hancur karena mengalami keguguran, orang-orang di sekitar pasti menaruh simpati dan ingin memberikan dukungan. Tapi ada hal yang perlu diperhatikan sebelum memberikan dukungan. Sebab alih-alih menenangkan, kata-kata atau tindakan yang dilakukan malah membuat ibu semakin sedih.

Melansir Independent, Jumat (11/10/2019), inilah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk memberi dukungan pada ibu yang mengalami keguguran:

 Perempuan di rumah sakit

1. Berusaha untuk hadir

Ibu hamil yang mengalami keguguran bisa merasa sangat terisolasi dari teman dan keluarganya. Tak jarang dirinya memilih pergi menjauh meskipun membutuhkan dukungan. Melihat hal itu tak jarang orang-orang di sekitarnya berpikir untuk membiarkannya karena berpikir ibu butuh waktu untuk sendiri.

Padahal yang seharusnya dilakukan tidak demikian. Usai kehilangan janin dalam kandungan, ibu tetap perlu mendapat pendampingan dari orang lain agar tidak merasa kesepian. Apabila ia dibiarkan sendiri, hal itu malah membuatnya merasa semakin bersalah.

2. Mendengarkan curhat

Ibu yang mengalami keguguran tak hanya membutuhkan kehadiran orang-orang terdekatnya. Ia juga butuh didengarkan. Oleh karena itu, orang-orang terdekat bisa menunjukkan kesediaan untuk mendengarkan apapun yang hendak diungkapkan oleh ibu. Hal itu juga bisa membantu orang terdekat lebih memahami dukungan yang dibutuhkan.

3. Hindari menanyakan perasaan

Keguguran masih menjadi topik pembicaraan yang kurang nyaman bagi banyak orang. Eh karenanya, hindari pertanyaan soal perasaan ibu. Sebab sudah pasti ia merasa sedih dan hancur. Pertanyaan soal perasaan malah bisa membuat ibu pergi menyendiri. Jadi ada baiknya biarkan ibu inisiatif mengungkapkan isi hatinya alih-alih ditanyakan.

4. Jangan mengatakan masih ada kesempatan untuk memiliki anak lagi

Saat menghibur ibu yang mengalami keguguran, mungkin beberapa orang ada yang berusaha menenangkan sambil mengucapkan masih ada kesempatan untuk memiliki anak lagi. Sebaiknya hindari kata-kata tersebut karena berdampak buruk. Perasaan ibu bisa semakin hancur.

5. Bertanya soal janin

Bila dirasa ibu sudah cukup tenang, orang-orang yang berada di sekitarnya bisa mengajukan pertanyaan seputar janin yang mengalami keguguran. Tanyakan wajah sang bayi, nama, beratnya, atau hal lain. Pertanyaan-pertanyaan itu bisa membangkitkan kenangan indah. Meskipun tidak mengurangi kesedihan, hal itu jauh lebih baik.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini