nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Teknik Brining, Marinating dan Curing dalam Memasak

Heidy Safira, Jurnalis · Jum'at 11 Oktober 2019 12:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 11 298 2115597 mengenal-teknik-brining-marinating-dan-curing-dalam-memasak-JUAdKBc8KA.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

GARAM memang menjadi bumbu wajib yang harus tersedia di meja dapur. Rasa makanan dinilai akan hilang jika tidak menggunakan bumbu yang berwarna dasar putih tersebut.

Tapi, sebenarnya fungsi garam tidak hanya untuk menciptakan rasa asin pada makanan. Dilansir dari myrecipes, dalam teknik memasak ada istilah brining, marinating dan curing.

Ketiganya merupakan metode merendam bahan makanan terutama daging menggunakan garam. Penasaran teknik seperti apa yang dimaksud? Yuk disimak.

Proses merendam daging di air garam membuat daging menyerap sedikit air lewat proses osmosis.

Brining

Membumbui daging dengan garam atau brining, adalah cara yang efektif untuk meningkatkan kelembutan dan keempukan daging sebelum dipanggang. Proses merendam daging di air garam membuat daging menyerap sedikit air lewat proses osmosis.

Kamu juga dapat menambahkan hal-hal lain seperti rempah-rempah atau gula, sehingga daging akan lembut saat dimakan. Selain itu, penggaraman bisa dilakukan pada daging yang kering, sehingga kulit dari daging seperti kulit ayam menjadi lebih renyah dan daging tetap lembap alami.

Marinating

Jika brining untuk menjaga kelembaban pada daging, maka Marinating adalah sebuah proses perendaman daging sebelum diolah lebih lanjut. Marinating merupakan nama lain dari cairan berbumbu seperti garam, yang berfungsi sebagai perendam lauk.

Biasanya, cairan ini digunakan untuk menambahkan rasa dan meningkatkan keempukan daging. Tetapi tetap berhati-hati, jangan merendam daging terlalu lama karena asam pada bumbu dapat menghilangkan protein alami dari daging.

 Marinating merupakan nama lain dari cairan berbumbu seperti garam, yang berfungsi sebagai perendam lauk.

Curing

Seperti halnya brining, bahan utama dalam mengawetkan daging adalah garam. Mengemas daging dalam garam adalah cara untuk mengawetkannya dengan mengeluarkan uap air dari daging, mencegah daging rusak karena pertumbuhan bakteri.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini