nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Bikin Es Kopi Susu Gula Aren ala Coffee Shop

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 11 Oktober 2019 14:54 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 11 298 2115704 tips-bikin-es-kopi-susu-gula-aren-ala-coffee-shop-C2nLIqHPDk.jpg Es kopi susu gula aren (Foto : Her)

Meneguk satu gelas es kopi susu pada siang hari yang terik tentu bisa mengubah mood seseorang karena rasanya yang segar. Saat ini beberapa kedai menawarkan beraneka macam minuman kopi yang terdiri dari banyak pilihan yang menggugah selera.

Salah satu minuman yang cukup digemari oleh masyarakat adalah es kopi susu gula aren. Minuman ini memang terdiri dari campuran bahan yang terbilang sederhana dan mudah ditemukan, namun citarasa yang dihasilkan oleh kopi yang satu ini sangatlah nikmat.

Saat ini banyak sekali kedai kopi yang menjual kopi susu gula aren di Jakarta. Harganya pun beragam mulai dari Rp18 ribu hingga Rp40 ribuan per gelasnya. Nah bagi Anda yang ingin mencoba membuatnya di rumah sebenarnya tidak sulit. Anda hanya perlu menyiapkan tiga macam bahan utama untuk menciptakan minuman nikmat ini.

Es Kopi seger

Merangkum dari akun Instagram @masaktv, Jumat (11/10/2019), Okezone akan membagikan resep mudah untuk membuat es kopi susu gula aren. Penasaran? Berikut langkah-langkahnya yang bisa lihat di halaman selanjutnya.

Bahan yang diperlukan:

2 gram espreso bubuk

250 ml susu UHT rasa kelapa

Es batu

Sea salt

Air panas

Bahan sirup gula aren:

100 gram gula aren diiris-iris

100 ml air

1 sdt esens pandan

es kopi hitam

Video lengkap cara membuat es kopi bisa dilihat do halaman selanjutnya.

Cara membuatnya:

1. Masak terlebih dahulu bahan untuk membuat sirup gula aren. Caranya dengan mendidihkan air dan masukan irisan gula aren tersebut. Aduk rata hingga semua gula larut, dinginkan. Setelah itu masukan esens pandan sebagai pewangi dan perasa, aduk kembali hingga rata.

2. Larutkan espreso instan bubuk dalam 50 ml air panas, dinginkan.

3. Cara penyajiannya dengan meletakkan 1 sdm sirup gula aren ke dalam gelas, tambahkan sirup. Tambahkan espreso yang sudah dicairkan. Tuang juga susu UHT rasa kelapa, aduk rata.

4. Bagi Anda yang gemar sajian kopi dingin bisa menambahkan es batu sesuai selera. Jangan lupa taburkan sea salt pasa bagian atasnya untuk memberikan rasa gurih pada kopi, aduk rata. Kopi nikmat siap disajikan.

Lihat postingan ini di Instagram

Siapa yang sering jajan es kopi? Gak perlu jajan keluar buat bikin es kopi ala coffee shop. Kamu bisa bikin sendiri! Resep lengkap bagaimana cara membuat Es Kopi Susu Gula Aren dapat dilihat di bawah: Bahan: 2 gram espreso bubuk 250 ml susu UHT rasa kelapa Es Batu Sea Salt Air panas Bahan sirup gula aren: 100 ml air 100 g gula aren iris 1 sdt esens pandan Cara Membuat: Sirup Gula Aren: Didihkan air. Masukkan gula aren yang sudah diiris. Masak hingga seluruh gula larut. Dinginkan. Tambahkan esens pandan, aduk rata. Sisihkan. Larutkan espresso instan bubuk dalam 50 ml air panas, dinginkan. Penyajian: Taruh 1 sdm sirup gula aren ke dalam gelas. Tambahkan espresso yang sudah dicairkan. Tuang susu UHT rasa kelapa, aduk rata. Tambahkan es batu sesuai selera. Beri taburan sejumput sea salt jika suka, aduk rata. Sajikan. . . . . . #masaktv #indonesia #makanterusss #gedeinperut #foodporn #foodgasm #food #foodpics #foodie #foodstagram #indonesianfood #indonesiapunya #makananindonesia #jelajahmakanan #jelajahnusantara #kuliner #culinary #eat #kulinernusantara #eskopisusugulaaren

Sebuah kiriman dibagikan oleh Masak.TV (@masaktv) pada

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini