Stok ASI Berlimpah dan Bingung Mau Diapakan? Ini 5 Cara Memanfaatkannya

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 11 Oktober 2019 13:10 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 11 481 2115598 stok-asi-berlimpah-dan-bingung-mau-diapakan-ini-5-cara-memanfaatkannya-Z3nfd9i0O8.jpg Produksi ASI berlimpah (Foto: Healthy Lifestyle)

PROSES menyusui pada setiap ibu berbeda-beda. Ada yang harus lebih berjuang karena produksi ASI tidak begitu banyak. Tapi ada juga yang ASI-nya berlimpah hingga cukup banyak kantung ASI yang disimpan dalam freezer.

Akan tetapi, kualitas ASI yang dibekukan di freezer hanya bisa bertahan hingga 6 bulan. Beberapa ibu yang ASI-nya berlimpah mungkin bingung hendak diapakan sisanya. Melansir South China Morning Post, Jumat (11/10/2019), berikut 5 alternatif untuk memanfaatkan sisa ASI.

1. Mandi susu


Mandi susu

Seorang ibu bernama Stephanie Zhu menambahkan ASI ke air yang digunakan putrinya untuk mandi. Menurutnya ASI membantu mengobati eksim di wajah dan punggung anaknya serta membuat kulit lebih lembut. Dua kali seminggu, sang anak akan berendam di air suam-suam kuku yang telah tercampur ASI.

Menurut bidan dan perawat neonatal, Michelle Resco, memasukkan ASI ke dalam air mandi adalah cara yang bagus untuk menyebarkan minyak esensial. Namun, dia memperingatkan bukti ilmiah untuk ini masih terbatas.

2. Menjadikan lotion tubuh dan masker wajah

Cara berbeda dilakukan oleh Serena Eze. Ia mengubah ASI-nya menjadi lotion tubuh dan masker wajah untuk dirinya sendiri. Lotion dan masker itu digunakan saat bepergian dalam perjalanan bisnis. Dirinya akan mencampur ASI dengan minyak esensial dan digunakan sehabis mandi. Hal itu membuat kulitnya terasa lembap dan halus.

Ilustrasi tanaman hias

3. Memelihara tanaman hias

Semula Jade Poon menggunakan ASI untuk mengobati ruam di kulit kepala bayi. Lalu atas saran dari teman, ia juga menggunakan ASI untuk menyiram tanaman hiasnya yang tidak terawat karena sibuk mengurus bayi. Setiap dua minggu sekali dirinya mencairkan sisa ASI dengan satu ons air dan menyiramnya ke tanaman lidah buaya, Devil's Ivy, dan Pinstripe. Hal itu membuat tanaman tetap hidup dan berkembang meski sempat layu.

4. Perhiasan kenang-kenangan


Perhiasan

Beberapa tahun terakhir banyak perusahaan yang mengubah ASI menjadi perhiasan. Mereka membuat perhiasan seperti kalung, liontin, anting-anting, dan cincin dari campuran ASI dan benda padat.

5. Bahan makanan

ASI dapat digunakan seperti susu biasa. Oleh karenanya ASI bisa menjadi bahan makanan untuk ditambahkan dalam sereal, saus, dan makanan yang dimasak. ASI juga bisa dibuat es krim, yogurt, atau keju.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini