nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenali 5 Bahaya Softlens, Jangan Sampai Seperti Kornea Salshabilla Adriani

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 11 Oktober 2019 18:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 11 611 2115839 kenali-5-bahaya-softlens-jangan-sampai-seperti-kornea-salshabilla-adriani-hSHzca2Gls.jpg Salshabilla Adriani. (Foto: Instagram

BAHAYA softlense sudah menjadi warning buat semua kalangan. Tidak sedikit orang mengalami efek sampingnya, termasuk artis cantik Salshabilla Adriani.

Artis muda bertalenta ini dikabarkan kornea matanya rusak sampai mengalami gangguan penglihatan. Salshabilla Adriani ini mengaku pakai softlense, tapi ternyata tak menjaga kebersihannya.

Berkaca dari kasus Salshabilla Adriani, berikut lima bahaya softlense yang patut Anda waspadai. Dikutip Okezone dari Yahoo, ini dia ulasan selengkapnya.

Mata mudah kering

Untuk mata yang sensitif, memakai softlense sebabkan mata kering. Disertai pula dengan rasa gatal, apalagi kalau posisi pakainya kurang tepat. Anda harus menghindari risiko ini karena paling mudah terjadi.

Misalnya saja Anda kerap membersihkan softlense sekedar memakai air biasa.

Lensa kontak berubah bentuk kalau dibersihkan dengan air

Tak sedikit orang yang tahu dalam merawat softlense agar tak memicu bahaya. Misalnya saja Anda kerap membersihkan softlense sekedar memakai air biasa. Hal itu dapat menimbulkan bahaya lho, Okezoners!

Softlense bisa berubah bentuk dan lama-lama tidak nyaman dipakai. Akibatnya, kornea mata bisa terluka lho.

Sebabkan infeksi

Karena jarang merawat softlense dengan benar dan bersih, mata Anda mudah terkena infeksi. Karena bisa memberikan akses kepada kuman ke bagian mata yang berbahaya. Risiko tersebut juga berlaku bagi softlense yang jarang diganti. Untuk itu, dianjurkan Anda harus mengganti setiap tiga sampai 6 bulan sekali demi menjaga kesehatan mata.

Risiko keratitis

Softlense yang jarang dicuci dengan baik, otomatis dapat memicu timbulnya mikroba. Parahnya bisa lebih dari lima kali lipat. Anda bisa mengalami risiko keratitis mata dengan gejala mata merah, nyeri, penglihatan kabur, hingga fokus mata menurun.

dianjurkan Anda harus mengganti setiap tiga sampai 6 bulan sekali demi menjaga kesehatan mata.

Bahaya tidur pakai softlense

Karena terlalu lelah, mungkin Anda lupa melepas softlense untuk mengistirahatkan mata di malam hari. Awas, bahayanya juga bisa meningkatkan risiko kemungkinan keratitis may Terlebih kalau mata Anda rentan dengan alergi, pasti mata langsung merah keesokan harinya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini