Dari Pocong hingga Rich Brian, Action Figure Ini Lekat dengan Kearifan Lokal

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 12 Oktober 2019 18:31 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 12 612 2116128 dari-pocong-hingga-rich-brian-action-figure-ini-lekat-dengan-kearifan-lokal-MnvMsBJVJr.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BATMAN hingga Wonder Woman, ialah sosok familiar yang biasanya dijadikan sebagai toy figure oleh para perusahaan pembuat mainan.

Tapi tidak oleh GoodGuysNeverWin, perusahaan produsen mainan Indonesia. GoodGuysNeverWin memilih untuk menghadirkan toy figure yang berbeda namun tetap mengikuti selera pasar.

Ya, perusahaan pembuat mainan satu ini jadi penghilang dahaga bagi kolektor toy figure anti-mainstream. Pasalnya yang dibuat menjadi mainan toy figure ini adalah sosok-sosok terkenal, kontoversial, hingga tabu.

Mulai dari sederet wujud setan-setan lokal legenda di Asia mulai dari Pocong, tuyul, hingga Pontianak (kuntilanak khas Malaysia), vampire Cina, hingga sosok terkenal seperti Ahok, Sumanto sang kanibal, politikus Australia Pauline Hanson sampai sosok rapper ternama Rich Brian.

Di festival mainan ini, GoodGuysNeverWin berharap toy figures seri Asian Ghosts yang sudah begitu populer

GoodGuysNeverWin sendiri diketahui akan debut di pasar internasional Taipei Toy Festival yang digelar di Taipei mulai dari 10 hingga 13 Oktober 2019 mendatang. Di festival mainan ini, GoodGuysNeverWin berharap toy figures seri Asian Ghosts yang sudah begitu populer di ranah pasar mainan Cina, juga akan sama mendulang sukses.

Memilih untuk menghadirkan toy figures yang bisa dibilang unik dan anti-mainstream dibandingkan dengan toy figures yang sudah ada sebelumnya di pasaran.

Sang pendiri sekaligus direktur kreatif GoodGuysNeverWin, Cipta Croft Cusworth mengaku memang sengaja melakukan hal tersebut. Sebab ia menginginkan figures ini bisa dipandang lebih dari sekedar mainan, melainkan refleksi dari dinamika kehidupan berwarna khas Indonesia.

Maka tak heran, visual, kualitas, dan kemampuan untuk menghadirkan sesuatu isu yang nyata, hal-hal tabu, dan sangat berhubungan dengan masyarakat awam dalam bentuk yang menyenangkan dari produk-produk buatan Cipta ini telah berhasil memenangkan banyak penggemar yang sangat berdedikasi tidak hanya di lingkup Indonesia namun juga di berbagai penjuru dunia.

Di sisi lain, untuk tampil maksimal di Taipei Toy Festival, Cipta dan tim diketahui menghadirkan karakter toy figure yang baru, bernama KAI Junior, seorang bayi monster yang menghancurkan kota.

 diproses ulang dan diproduksi di Indonesia, dan kami bangga membawanya ke Taipei tahun ini,” ujar Cipta.

“Kai Junior dibuat dari 100 persen plastik polythene dengan kadar daur ulang kepadatan tinggi. Plastik ini bersumber, diproses ulang dan diproduksi di Indonesia, dan kami bangga membawanya ke Taipei tahun ini,” ujar Cipta.

Produk toy figures buatan Cipta disebutkan biasanya dijual dengan konsep terbatas, limited edition hanya tersedia sekitar 300 buah untuk setiap modelnya.

Dibanderol mulai dari harga asli Rp150.000 hingga Rp500.000, dan harga resale untuk produk-produk yang sold-out mencapai Rp1,65 juta. Harga yang cukup fantastis untuk produk mainan toy figures buatan lokal. Demikian seperti diwarta Southchinamorningpost.

limited edition hanya tersedia sekitar 300 buah untuk setiap modelnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini